Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

KPU Sidoarjo Usulkan Percepatan Penandatanganan NPDH

Nasional Pemilu Serentak 2020
Syaikhul Hadi • 23 September 2019 17:40
Sidoarjo: Penyelenggara pemilu kabupaten Sidoarjo menginginkan adanya percepatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan pemilu. Hal itu akan disampaikan KPU Sidoarjo dalam rapat konsolidasi nasional penyelenggara pemilu di Jakarta pada Oktober mendatang.
 
"Untuk Sidoarjo sebenarnya sudah tidak ada kendala. Karena kami juga sudah berkoordinasi dengan tim anggaran pemerintah daerah terkait hal itu. Kami hanya mengusulkan ke rapat ini agar bisa diteruskan ke pemerintah daerah," kata Ketua KPUD Sidoarjo, Muhammad Iskak saat dihubungi, Senin, 19 September 2019.
 
Iskak menjelaskan dalam rapat konsolidasi nanti juga akan dilakukan launching Pemilukada serentak 2020 bersama penyelenggara pemilu se-Indonesia. Rapat konsolidasi tersebut juga menandakan setahun sebelum dimulainya pelaksanaan pemilu kepala daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu dalam rapat konsolidasi nasional nanti juga akan dibahas tentang persiapan penyelenggaraan menghadapi Pemilukada serentak. Baik dari aspek tahapan-tahapan pemilu, anggaran, kelengkapan, dan lain-lain.
 
"Dengan harapan, penyelenggaraan pilu di tahun mendatang tanpa ada kendala apapun," jelas Iskak.
 
Sebelumnya KPUD Sidoarjo menganggarkan Rp63 miliar dalam proses penyelenggaraan pemilu kepala Daerah untuk tahun 2020. Anggaran itu lebih banyak dibanding saat penyelenggaraan pemilukada tahun 2015 yakni sebanyak Rp38 miliar.
 
Selain itu estimasi jumlah pemilih yang masuk daftar pemilih tetap pada tahun mendatang juga diperkirakan bertambah menjadi 1,4 juta pemilih dari jumlah DPT sebanyak 1.397.000 pemilih.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif