Kepala Dinas Perkim Sumsel Basyaruddin Akhmad saat meninjau pembangunan rumah, Jumat, 22 November 2019. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo
Kepala Dinas Perkim Sumsel Basyaruddin Akhmad saat meninjau pembangunan rumah, Jumat, 22 November 2019. Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo

Pemprov Sumsel Targetkan Bangun 100 Ribu Rumah

Nasional sejuta rumah
Gonti Hadi Wibowo • 22 November 2019 13:05
Palembang: Dinas Perumahan dan kawasan permukiman (Perkim) Provinsi Sumatra Selatan menargetkan bisa membangun 100 ribu rumah pada tahun 2020. Jumlah itu sendiri meningkat pada 2019 ini yang hanya sekitar 60 ribu rumah.
 
Kepala Dinas Perkim Sumsel, Basyaruddin Akhmad, mengatakan jika pihaknya mendorong dan memfasilitasi para pengembang untuk membangun rumah murah bersubsidi di Bumi Sriwijaya.
 
"Tugas kami hanya mendorong pihak pengembang atau developer utk membangun rumah sebanyak-banyaknya di Sumsel. Kami targetkan bisa 100 ribu unit rumah yang akan dibangun tahun depan," kata Basyaruddin di Palembang, Jumat, 22 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Basyaruddin menjelaskan kebutuhan rumah untuk warga Sumsel terus meningkat setiap tahunnya. Pasalnya setiap pekan ada pasangan baru yang menikah sehingga membutuhkan rumah tinggal baru.
 
"Pemerintah pusat saja mencatat pasangan baru yang menikah pada tahun ini saja mencapai 834 ribu pasangan. Sehingga memang setiap tahun itu kebutuhan rumah bakal terus meningkat," jelas Basyaruddin.
 
Dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, Kota Palembang yang sangat membutuhkan pembangunan rumah subsidi dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya.
 
"Jumlah penduduk Kota Palembang itu yang paling besar sehingga otomatis warganya lebih banyak yang membutuhkan rumah ini," ungkap Basyaruddin.
 
Untuk pembiayaan pembangunan rumah akan melalui kredit mikro melalui salah satu bank yang telah ditunjuk oleh pemerintan. Nantinya, jika warga yang mengajukan pembelian rumah itu terdapat BI Checkingnya tidak bagus, maka pihaknya akan membantu melalui koperasi.
 
"Kami juga nantinya akan membantu dalam prasaranan rumah mereka seperti akses pengecoran jalan dan drainase," pungkas Basyaruddin.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif