Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

20 Hektare Lahan di Sumsel Terbakar

Nasional kebakaran lahan
Antara • 14 Juli 2019 14:02
Palembang: Lahan seluas 20 hektare di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatra Selatan, terbakar, pada Sabtu, 13 Juli 2019. Tim satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan telah berhasil memadamkan api, Minggu, 14 Juli 2019.
 
Kepala Bidang Pengendalian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sumatera Selatan Ansori mengatakan, kebakaran terjadi di lahan milik masyarakat yang berdekatan dengan kebun sawit milik PT Golden Blossom Sumatera (GBS).
 
"Kebakaran terjadi sejak jam tiga sore kemarin (13/7), dan malam tadi sudah bisa dilokalisir. Kemungkinan pagi ini sudah benar-benar padam karena bahan bakarnya sudah habis," kata Ansori di Palembang, Minggu, 14 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ansori mengatakan, pemadaman kebakaran tidak mudah dilakukan karena terjadi pada malam hari. Selain itu, angin bertiup cukup kencang sehingga api cepat menyebar ke area gambut.
 
Tim terdiri atas anggota Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten PALI (16 orang) bekerja sama dengan anggota TNI (15 orang) dan Tim Pemadam dari PT GBS (20 orang) bekerja sepanjang malam untuk memadamkan api di lahan gambut kering tersebut.
 
Dalam upaya tersebut, ia mengatakan, tim menggunakan beberapa unit pompa air untuk memadamkan api. Namun selang yang tersedia tidak bisa digunakan untuk menjangkau sumber air.
 
"Dugaan sementara ini dibakar, tapi tidak tahu sengaja atau tidak sengaja, kami sudah laporkan ke polisi," ujarnya.
 
Selain di Kabupaten Pali, kebakaran juga terjadi di lahan seluas satu hektare di Desa Suak Batok, Kecamatan Inderalaya Utara, Kemudian di lahan seluas dua hektare di Desa Muara Baru, Kecamatan Pemulutan di Kabupaten Ogan Ilir.
 
Ansori mengungkap, kebakaran di Ogan Ilir relatif mudah ditanggulangi karena lokasi yang tidak terlalu jauh dari sarana dan prasarana pemadam. "Yang kebakaran di Ogan Ilir sudah bisa kami padamkan pagi ini," katanya.
 
Tim Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Sumatera Selatan menyiagakan lima helikopter untuk mendukung operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan dari udara pada siang hari.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif