video longsor di wilayah pesisir selatan Panggul yang menyebabkan puluhan rumah rusak  adalah berita bohong. Foto: Branda ANTARA
video longsor di wilayah pesisir selatan Panggul yang menyebabkan puluhan rumah rusak adalah berita bohong. Foto: Branda ANTARA

Video Longsor di Pesisir Selatan Panggul Hoaks

Antara • 29 November 2022 20:45
Trenggalek: Tim Siber Polres Trenggalek, Jawa Timur, memastikan video longsor di wilayah pesisir selatan Panggul yang menyebabkan puluhan rumah rusak adalah berita bohong atau hoaks. Video tersebut viral di media sosial.
 
"Itu video hoaks. (Saat ini) di wilayah Panggul tidak ada sama sekali rumah-rumah rusak akibat longsor seperti disebutkan di video itu," kata Kepala Seksi Humas Polres Trenggalek Iptu Siswanto di Trenggalek, Selasa, 29 November 2022.
 
Pihaknya menyesalkan beredarnya video tersebut. Selain menyesatkan juga membuat warga resah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Video yang sempat ramai dibahas di media sosial Trenggalek itu merupakan potongan video yang disadur dari peristiwa bencana di lain daerah.
 
Kendati dalam narasi suara disebutkan di Jalur Panggul terjadi longsor, namun sejatinya itu gambar di daerah berbeda dengan waktu kejadian telah lampau.
 
"Tidak ada peristiwa di Panggul dengan dampak kerusakan seperti itu,” tegasnya.
 
Baca: Lereng Gunung Bromo Longsor, 4 Rumah Rusak

Sebelumnya, potongan video singkat yang memperlihatkan kondisi infrastruktur jalan hingga permukiman warga rusak parah akibat bencana alam tanah longsor beredar luas.
 
Dalam video disebutkan peristiwa bencana alam itu terjadi di Jalur Panggul Kabupaten Trenggalek. Video yang beredar luas di sejumlah grup–grup percakapan itu telah dikonfirmasi dan diklarifikasi Tim Siber Polres Trenggalek.
 
Ia mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, masyarakat diimbau untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial di era keterbukaan publik seperti ini.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif