Ilustrasi rapid test antigen - - Foto: Medcom
Ilustrasi rapid test antigen - - Foto: Medcom

Populer Daerah; Kewajiban Rapid Test Antigen hingga Larangan Merayakan Tahun Baru

Nasional Virus Korona perayaan natal dan tahun baru natal dan tahun baru tes virus korona Pencegahan Covid-19
Meilikhah • 23 Desember 2020 07:47
Jakarta: Sejumlah peristiwa terjadi di Nusantara terjadi sepanjang Selasa, 22 Desember 2020, dan terangkum dalam kanal Daerah Medcom.id. Paling dominan ialah kewajiban melakukan rapid test antigen bagi pelaku perjalanan. 
 
Tak hanya itu, hampir seluruh wilayah di Tanah Air melarang perayaan malam pergantian tahun dari 2020 ke 2021. Larangan itu berkenaan dengan antisipasi penyebaran virus korona. Berikut rangkumannya.
 
1. Perayaan Tahun Baru di Jembatan Ampera Dilarang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Euforia malam pergantian tahun baru di Palembang selalu dilakukan masyarakat dengan beramai-ramai mendatangi Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, dan sebagainya. Itu sebelum adanya pandemi covid-19.
 
Saat ini, hal itu tidak akan boleh dilakukan lagi karena pandemi covid-19 masih menyebar luas di Kota Palembang. Di tengah pandemi, masyarakat diminta untuk tetap di rumah bersama keluarga dan dilarang untuk mendatangi atau membuat kerumunan.
 
"Jika tetap nekat, polisi akan bertindak. Terutama yang mendatangi Jembatan Ampera, BKB, dan tempat publik lainnya," ujar Kepala Bagian Operasi Kepolisian Resor Kota Besar Palembang, AKBP Eddy Apriyanto, Selasa, 22 Desember 2020.
 
Selengkapnya, di sini. 
 
2. Pengamanan Daerah Perbatasan Sulsel Diperketat
 
Pemeriksaan di perbatasan setiap daerah di wilayah Sulawesi Selatan dipastikan akan kembali diperketat mengantisipasi tingginya kasus covid-19 jelang libur Natal dan Tahun Baru.
 
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulsel, Muhammad Arafah, mengatakan Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel sudah berkoordinasi dengan Dishub kabupaten dan kota, serta pihak terkait di setiap perbatasan masing-masing daerah.
 
"Selain itu, kita juga menyiapkan posko di bandara, pelabuhan dan terminal, baik di pintu masuk maupun di pintu keluar. Tujuannya, agar memastikan masyarakat yang bepergian tetap dalam kondisi sehat dan aman," kata Arafah saat dikonfirmasi, Selasa, 22 Desember 2020.
 
Selengkapnya, di sini. 
 
3. Bermalam di Malang Wajib Rapid Test
 
Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mewajibkan kepada seluruh wisatawan yang hendak bermalam di hotel di Kota Malang, Jawa Timur, untuk menjalani rapid test. Kebijakan ini dikeluarkan jelang liburan Hari Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).
 
"Teknisnya sudah diatur di SE (Surat Edaran Wali Kota Malang). Mau masuk ke hotel, maka dia wajib menunjukkan hasil Rapid," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Selasa 22 Desember 2020.
 
Selengkapnya, di sini. 
 
Selain di Malang, kebijakan serupa juga berlaku bagi Pengunjung pasar tradisional di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Warga yang tak memakai masker langsung dilakukan tes rapid antigen. Sehingga bisa diketahui jumlah warga yang reaktif covid-19.
 
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jepara, Muh Ali, mengatakan tes rapid antigen dilakukan bersamaan dengan operasi yustisi yang menyasar warga yang tak memakai masker. Pengunjung pasar yang tak memakai masker lalu diarahkan menuju petugas pemeriksaan.
 
“Hari ini kami mulai dari Pasar Mindahan Batealit. Kedepan bersamaan dengan operasi kami akan tes rapid antigen warga yang tak memakai masker,” ujar Muh Ali, Selasa, 22 Desember 2020.
 
Selengkapnya, di sini. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif