Rumah warga di Dusun Kertaharja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak akibat gempa yang terjadi di wilayah Pangandaran pada Minggu (25/10/2020). (Foto: ANTARA/Adeng Bustomi)
Rumah warga di Dusun Kertaharja, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, rusak akibat gempa yang terjadi di wilayah Pangandaran pada Minggu (25/10/2020). (Foto: ANTARA/Adeng Bustomi)

65 Rumah di Ciamis Rusak Akibat Gempa Pangandaran

Nasional gempa Gempa Bumi
Antara • 26 Oktober 2020 16:05
Ciamis: Getaran gempa dengan magnitudo 5,6 di wilayah Pangandaran, Jawa Barat, pada Minggu, 25 Oktober 2020, terasa hingga Kabupaten Ciamis. Akibatnya, sebanyak 65 rumah warga di wilayah tersebut rusak.
 
Menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, Memet Hikmat, gempa Pangandaran menyebabkan kerusakan rumah warga di sepuluh kecamatan.
 
"BPBD Ciamis mendata kerusakan rumah dengan kategori ringan sampai berat di Kecamatan Lakbok, Banjarsari, Purwadadi, Pamarican, Ciamis, Tambaksari, Sadananya, Cimaragas, Banjaranyar, dan Baregbeg," ujarnya, Senin, 26 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Gempa M5,5 Tak Timbulkan Kerusakan di Sukabumi
 
Kerusakan rumah paling banyak terjadi di Kecamatan Pamarican yakni 38 rumah disusul Purwadadi sebanyak 12 rumah.
 
Memet mengatakan, menurut laporan awal ada 13 rumah yang rusak akibat gempa dan jumlahnya bertambah menjadi 65 setelah tim BPBD melakukan penelusuran lanjutan untuk mendata bangunan yang rusak akibat gempa.
 
"Sampai sekarang petugas masih di lapangan, mudah-mudahan tak bertambah," katanya.
 
Memet menambahkan BPBD Ciamis sudah menyalurkan bantuan kepada warga yang mengungsi karena rumahnya rusak maupun yang tetap bertahan di kediaman masing-masing kendati terdampak langsung oleh gempa.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif