TNI Bersihkan Puing-Puing Bangunan Gempa Lombok
Anggota TNI kompak bersihkan ruruntuhan bangunan di Lombok - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Lombok: Sepekan sudah bencana gempa bumi 7.0 skala richter mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mulai membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan. 

Khusus di Kabupaten Lombok Utara wilayah terparah terdampak gempa hampir 90 persen bangunan rata dengan tanah. Sejak Sabtu kemarin ratusan personel TNI dikerahkan membersihkan puing-puing rumah warga. 

Komandan Satuan Tugas Penangggulangan Darurat Bencana (PDB) Gempa Lombok Kolonel Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan pembersihan puing-puing diutamakan bangunan yang terletak di pinggir jalan. Hal ini mempermudah akses jalan distribusi logistik dan bantuan.  


"Beberapa tempat memang sudah mulai dibersihkan baik dipinggir jalan seperti di Desa Bentek Desa Kecamatan Pemenang dan Desa Selelos Kecamatan Kayangan," kata Rizal di lapangan Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 12 Agustus 2018.

(Baca: BNPB: 606 Sekolah di NTB dan Bali Rusak Akibat Gempa)

Selain itu, kata dia mereka juga membantu warga merobohkan Masjid dan rumah warga yang rusak akibat bencana gempa bumi dengan menggunakan alat berat di Kampung Lokok Gitak Dusun Karang Pendagi Desa Gondang Kecamatan Gangga, Lombok Utara. 

Jumlah korban gempa Lombok berkekuatan 7 Skala Richter (SR) dan susulannya terus bertambah. Data laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Minggu, 12 Agustus 2018 tercatat ada 392 orang meninggal.

"Penanganan darurat dampak gempabumi di Nusa Tenggara Barat terus dilakukan. Data korban terus bertambah. Gempa susulan juga terus terjadi di Lombok," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id