NEWSTICKER
Ilustrasi. (Foto: MI/Palce Amalo)
Ilustrasi. (Foto: MI/Palce Amalo)

Pelayanan KIS dan KIP di Gowa Dilakukan Daring

Nasional Virus Korona
Muhammad Syawaluddin • 23 Maret 2020 14:22
Makassar: Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, mulai memberlakukan pelayanan secara daring untuk pengurusan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP).
 
Kepala Dinsos Kabupaten Gowa, Syamsuddin, mengatakan langkah ini dilakukan seiring dengan perkembangan penyebaran virus korona. Aktivitas yang memungkinkan didatangi banyak orang akan diminimalisasi.
 
"Kami memberlakukan ini agar pemberian layanan tetap berjalan dengan baik tanpa harus ke kantor," katanya, di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin, 23 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemohon KIS cukup mengirimkan foto kartu keluarga disertai nomor dokumen dan berkas pendukung lain seperti KTP. Berkas itu kemudian dikirimkan ke call center (Whatsapp) saat jam kerja.
 
Baca juga:Kota Bandung Siap Jadi Proyek Percontohan Kartu Prakerja
 
Khusus KIP, Dinsos Gowa masih dapat melayani secara langsung, tapi dengan mekanisme baru agar tidak terjadi penumpukan antrean pemohon.
 
"Pelayanan langsung khusus yang benar-benar sangat penting seperti pengurusan Jampersal (Jaminan Persalinan) dan KIP kuliah yang membutuhkan tanda tangan. Selain dua ini kami hanya melayani via WhatsApp," jelasnya.
 
Syamsuddin berharap masyarakat Kabupaten Gowa bisa mengerti dengan kebijakan yang diberlakukan saat ini. Dan mengimbau agar masyarakat tetap menjaga jarak sesuai dengan aturan pemerintah, serta menjalankan pola hidup sehat.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif