ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Status Tanggap Darurat Covid-19 di DIY Diperpanjang Hingga Akhir Agustus

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 30 Juli 2020 18:28
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X memperpanjang status tanggap darurat bencana non alam, covid-19. Status sebelumnya berakhir 31 Juli 2020. Adapun status berikutnya berlaku 1-31 Agustus 2020.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji menjelaskan, keputusan memperpanjang status tanggap darurat dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya status bencana nasional wabah covid-19 belum dicabut Presiden Joko Widodo.
 
"Kemudian, pertimbangannya, perkembangan konfirmasi kasus positif masih naik turun," kata Kadarmanta di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis, 30 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sepekan terakhir, jumlah kasus konfirmasi positif covid-19 stabil tinggi. Besaran penambahan kasus mulai dari belasan hingga lebih dari 20 kasus per hari.
 
Baca:40 Pegawai Positif Covid-19, Gedung Sate Ditutup
 
Ia mengatakan, sejumlah penanganan masalah akibat covid-19 masih butuh tanggap darurat. Beberapa hal itu mulai dari pemulihan ekonomi, sosial, hingga kesehatan.
 
Meski tanggap darurat, kata dia, pemerintah tak akan memberikan bantuan sosial berupa uang tunai ke warga. Ia menilai, pemberian bantuan uang tunai telah menyasar ke penerima selama tiga bulan terakhir
 
"(Anggaran) bansos tidak keluarkan lagi, kecuali (anggaran) kesehatan," kata mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga DIY ini.
 
Ia menegaskan, upaya pemulihan ekonomi akan jadi perhatian utama. Meskipun, sektor kesehatan akan tetap jadi bagian penting yang ditangani.
 
"Kita akan lebih di pemuluhan ekonomi supaya bisa meredam laju kontraksi pertumbuhan ekonomi yang mulai minus," ujarnya.
 
Ada beberapa aspek lain yang akan ditempuh sebagai upaya membangkitkan ekonomi, salah satunya insentif bagi pelaku usaha kategori ke bawah. Namun, langkah itu masih pembahasan.
 

(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif