Dekan Fakultas Perikanan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Djanib Achmad, saat berdiskusi di Ternate, Jumat, 28 Januari 2022. Dokumentasi/ istimewa
Dekan Fakultas Perikanan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Djanib Achmad, saat berdiskusi di Ternate, Jumat, 28 Januari 2022. Dokumentasi/ istimewa

Hajat Hidup Warga Pesisir Terpenuhi Berkat Tol Laut Program Jokowi

Nasional pembangunan infrastruktur Jalan Tol Tol Laut presiden joko widodo ekonomi daerah
Deny Irwanto • 28 Januari 2022 19:42
Ternate: Program Strategis Nasional Tol Laut yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut efektif mendorong pemerataan ekonomi hingga ke pelosok Indonesia.
 
Dekan Fakultas Perikanan Universitas Khairun (Unkhair) Ternate, Djanib Achmad, mengatakan warga pesisir menjadi kelompok yang paling merasakan dampak positif dari fasilitas yang diluncurkan sejak 2014 silam.
 
"Kemiskinan paling besar di wilayah pesisir, para nelayan. Kalau itu (kebijakan) mau diangkat akan mengangkat hajat hidup (warga pesisir),” kata Djanib di Ternate, Maluku Utara, Jumat, 28 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Ganjar Minta Perayaan Imlek di Jateng Tanpa Keramaian
 
Djanib menuturkan status Indonesia yang dikenal sebagai salah satu negara maritim ternyata memberikan keuntungan tersendiri. Apalagi secara geografis posisi Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudera.
 
Kondisi tersebut menurut dia memberikan pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Mulai dari sosial budaya, pertanian, hingga perairan.
 
"Karena kita punya potensi. Kalau itu terjadi maka eksekusi APBN dan APBD harus mengarah ke sana (kebijakan tol laut)," jelas Djanib.  
 
Dia berharap ke depan Presiden Jokowi dapat terus mengoptimalkan pelaksanaan program tol laut terutama di daerah-daerah pesisir pantai. Sehingga impian untuk menjadi poros maritim dunia dapat segera terwujud.  
 
"Kita berharap dengan kebijakan poros maritim kemudian memperkuat kebijakan semua. Kepala daerah menjadi tahu dan memiliki keinginan kuat untuk melakukan satu terobosan tentang pengelolaan perikanan dan kelautan," ujar Djanib.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif