Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Waspada Bencana, Warga Purbalingga Diminta Rajin Siskamling

Nasional banjir longsor bencana alam
Antara • 30 Oktober 2020 16:43
Purbalingga: Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana, mengimbau warga yang tinggal di lokasi rawan bencana untuk mengintensifkan kegiatan siskamling saat musim hujan. Upaya itu dilakukan untuk meminimalisasi risiko bencana.
 
"Kegiatan siskamling dapat mendukung upaya mitigasi bencana pada saat musim hujan, misalnya bila ada tanda-tanda pergerakan tanah, warga dapat langsung mengetahui dan menyebarluaskan informasi," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Menurut dia, kegiatan siskamling merupakan salah satu upaya meningkatkan kewaspadaan dini terutama pada malam hari. Dia menilai, melalui siskamling berbagai informasi dini perihal bencana bisa segera disampaikan ke warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masyarakat perlu berperan aktif dalam upaya mengurangi risiko bencana," terangnya.
 
Warga diimbau untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi menyusul adanya potensi hujan dengan intensitas tinggi hingga beberapa hari ke depan. Yakni bencana banjir, longsor, dan angin kencang.
 
Baca:Ciamis Tetapkan Siaga Darurat Bencana
 
Dia menjelaskan berdasarkan informasi dari BMKG, ada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi selama beberapa hari ke depan di sejumlah wilayah di Jawa Tengah. Termasuk di Purbalingga.
 
"Kami mengajak warga yang tinggal di lokasi rawan bencana untuk hati-hati dan waspada, segera laporkan kepada pihak terkait apabila menemukan tanda-tanda rekahan tanah terutama saat hujan lebat dengan durasi yang lama," terangnya.
 
Dia berharap, masyarakat memanfaatkan momentum libur panjang akhir Oktober 2020 dengan tetap di lingkungan masing-masing sambil menyiapkan diri dan lingkungan dalam menghadapi potensi bencana.
 
"Namun jika tetap harus berpergian, terutama ke luar kota harus patuhi protokol kesehatan," ujarnya.

 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif