Pembangunan jalan lintas selatan Jawa Timur. Foto: ANT/Destyan Sujarwoko
Pembangunan jalan lintas selatan Jawa Timur. Foto: ANT/Destyan Sujarwoko

Jalan Lintas Selatan Bakal Meningkatkan Prekonomian Jatim

Nasional infrastruktur
Amaluddin • 12 November 2019 17:41
Surabaya: Pemprov Jawa Timur menggenjot pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan konektivitas antarawilayah utara, tengah dan selatan Jatim. Salah satunya dengan mendorong penyelesaian pembangunan Jalan Lintas Selatan (JLS) yang telah terbangun sepanjang 379,52 km.
 
"Kami akan segera menyelesaikan 300,60 km JLS yang belum terbangun. Pemprov akan terus berupaya untuk memfasilitasidan berkoordinasi secara periodik dengan KementerianPUPR, kab/kota dan stakeholder terkait untuk penyiapan readiness criteria pembangunan JLS," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Surabaya, Selasa, 12 November 2019.
 
Khofifah berharap penyelesaian JLS, akses antar wilayah utara, tengah dan selatan Jatim, menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga keberadaan JLS dapat meningkatkan kelancaran arus barang dan jasa, menurunkan biaya logistik antar daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"JLS ini juga mewujudkan akses yang merata kepada masyarakat di seluruh wilayah Jatim. Serta dapat mewujudkan sinergi antara pusat-pusat kawasan potensialdi Jatim," ujarnya.
 
Selain mendorong penyelesaian JLS, Khofifah mengatakan ada pembangunan infrastruktur lainnya seperti yang tertuang dalam Jatim Akses. Yakni Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional, dan penanganan desa rawan kekeringan, pembangunan Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) dan program jambanisasi.
 
"Selain itu Pemprov juga akan melakukan pembangunan dan pengembangan pelabuhan, peningkatan dan pemeliharaan jalan dan jembatan, serta memberikan subsidi angkutan kapal laut perintis di Kepulauan Madura," imbuhnya.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif