ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Banjir di Depok Terjang 29 Kelurahan

Nasional banjir bandang bencana longsor bencana banjir
Octavianus Dwi Sutrisno • 09 Januari 2020 18:39
Depok: Kepolisian Resor Metro Depok mengevaluasi bencana banjir dan longsor yang menerjang wilayah pada awal tahun 2020. Dari data yang dirilis, ada 29 kelurahan yang tersebar 11 kecamatan diterjang banjir dan longsor.
 
"Jumlah warga yang terdampak ada 1.306 KK, dengan jumlah sekitar 2.976 jiwa. Total kerugian mencapai kurang lebih Rp8 miliar. Kemudian yang meninggal ada tiga orang," kata Kapolres Metro Depok Kombes Pol Azis Andriansyah di Mapolresta Depok Kamis, 9 Januari 2019.
 
Pihaknya bersama TNI, dan pemerintah Kota Depok yang tergabung dalam Tim tanggap bencana telah mealkukan langkah-langkah saat terjadi bencana dengan upaya penyelamatan, pertolongan darurat, dan mengevakuasi korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan penanganan pascabencana banjir menurut Azis yaitu menyediakan air bersih, sanitasi, pangan, sandang, pelayanan kesehatan. Tak hanya itu, rehabilitasi atau perbaikan lingkungan dan perbantuan perbaikan rumah warga yang terdampak bencana juga telah dilakukan.
 
"Pemulihan sosial dan lingkungan, perbaikan layanan publik juga tidak luput dari pengawasan kami," bebernya.
 
Selain itu dijelaskannya pemetaan bencana juga berdampak pada rekonstruksi pada pembangunan kembali sarana dan prasarana. Serta menambah peralatan mencegah bencana.
 
"Kita juga fokus dalam penampungan, atau tempat hunian sementara," katanya.
 
Saat ini sambung Azis, langkah dan upaya usai bencana masih terus dilanjutkan oleh tim tanggap bencana seperti memperketat pengawasan di titik-titik lokasi dan rawan bencana. Azis menambahkan, pemetaan daerah rawan bencana dan evaluasi situasi tanggap bencana menjadi agenda rutin sepanjang diterapkannya waktu tanggap bencana.
 
"Koordinasi lanjutan antar OPD dan Kecamatan terus terjalin, terutama dalam upaya pencegahan dan penyuluhan bencana," ujarnya.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif