Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

299 Warga Desa Sumberbrantas Mengungsi Mandiri

Nasional angin kencang
Daviq Umar Al Faruq • 17 November 2019 15:20
Batu: Ratusan warga Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, melakukan evakuasi mandiri akibat angin kencang. Masyarakat kemudian diarahkan ke tempat pengungsian Balai Desa Tulungrejo, Bumiaji.
 
"Jumlah total pengungsi yang melaksanakan evakuasi mandiri di Balai Desa Tulungrejo terdata sebanyak 229 jiwa," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, dikonfimasi Medcom.id, Minggu, 17 November 2019.
 
Dia mengatakan bencana angin kencang melanda tiga desa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, yaitu Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, dan Desa Sumbergondo, pada Minggu, 17 November 2019. Rochim menerangkan lokasi pengungsian telah disiapkan di Balai Desa Tulungrejo, Punten, Sidomulyo, dan Sumbergondo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai saat ini tim gabungan masih terus melaksanakan pemantauan situasi dan kondisi di lapangan. Dengan memperhatikan situasi terkini, sampai dengan pukul 13.00 WIB tidak ada rekomendasi untuk evakuasi masyarakat," katanya.
 
Rochim menjelaskan hingga pukul 13.30 WIB, angin di Desa Sumberbrantas, Desa Tulungrejo, dan Desa Sumbergondo mereda. Khusus wilayah Desa Sumberbrantas, bencana angin kencang ini disertai dengan debu.
 
"Hanya sesekali terpantau tiupan angin agak kencang. Untuk wilayah Desa Sumberbrantas kondisi udara sudah bersih dari debu," tandasnya.
 
Bencana angin kencang melanda Desa Sumberbrantas, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, pada Sabtu, 19 Oktober 2019 lalu pukul 23.30 WIB. Bencana ini mengakibatkan banyak pohon tumbang hingga menewaskan satu orang warga.
 
Beberapa warga lainnya juga dikabarkan mengalami luka-luka dan gangguan saluran pernafasan. Kerusakan pun melanda sejumlah bangunan rumah, fasilitas umum, jaringan komunikasi, dan jaringan listrik.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif