Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Medcom.id/Roni`
Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat. Medcom.id/Roni`

Pemindahan Ibu Kota Jabar Belum Masuk dalam RTRW

Nasional ridwan kamil Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat
Roni Kurniawan • 29 Agustus 2019 15:33
Bandung: Ketua Pansus VIII DPRD Jawa Barat Herlas Juniar mengatakan wacana pemindahan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat belum masuk dalam pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Bahkan wacana tersebut belum dimasukkan dalam draf RTRW.
 
"Ada yang menarik dan sempat ramai, kami sudah menyampaikan soal rencana pemindahan ibu kota, Pak Gubernur sudah memahami berdasarkan kajian kami belum bisa dicantumkan dalam draf," ujar Herlas di Gedung DPRD Provinsi Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis, 29 Agustus 2019.
 
Herlas menuturkan, rencana itu belum bisa masuk dalam revisi RTRW. Pasalnya sampai saat ini belum ada pembahasan mendalam soal rencana tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kajiannya kan belum ada, karena itu kami mendorong Pemprov membuat kajian terlebih dahulu," ungkapnya.
 
Sementara itu diakui Herlas terdapat tiga lokasi yang diusulkan sebagai ibu kota baru Jabar. Dari tiga lokasi itu, pihaknya menilai ada dampak positif negatif dari berbagai aspek.
 
Salah satunya wilayah Tegalluar, dinilai cenderung rawan banjir dan pergerakan tanah meski pun dekat dengan Kota Bandung. Sedangkan Walini di Kabupaten Bandung Barat, sebagian wilayahnya masuk dalam patahan Lembang sehingga rentan untuk menjadi ibu kota baru.
 
"Di Kertajati (Majalengka) memang relatif tidak rawan bencana tapi apa dasarnya menetapkan di sana kan tetap butuh kajian," tuturnya
 
Tim Pansus VIII DPRD Jabar pun meminta Emil untuk segera melakukan kajian terhadap lokasi yang memungkinkan menjadi ibu kota baru.
 
"Mana yang mau dipilih itu nanti berdasar kajian, karena itu kita minta dan tidak kita cantumkan dalam RTRW," pungkasnya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif