Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

17 Agustus Gratis Naik Kereta Api Lokal dan Perintis

Nasional pt kai
ant • 16 Agustus 2019 11:09
Tulungagung: Dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI, PT Kereta Api Indonesia menggratiskan tiket tujuan tertentu. Penggratisan itu untuk layanan jarak pendek itu sekaligus menjadi ajang sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api.
 
"Promo ini merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan hari lahirnya kemerdekaan RI," kata Dirut KAI, Edi Sukmoro di Tulungagung, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
PT KAI memberlakukan tiket gratis ini untuk Kereta Api lokal, khususnya lokal dan perintis. Adapun rute tiket gratis ialah, Blitar-Malang-Surabaya-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Kediri-Tulungagung-Blitar, dan sebaliknya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Masyarakat dapat menikmati perjalanan tanpa biaya dengan kereta tersebut untuk perjalanan pada Sabtu, 17 Agustus 2019," kata Edi.
 
Sementara itu, Manajer Humas Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan, di wilayah Daop 7 Madiun, kereta api yang gratis adalah KA Dhoho relasi Blitar-Malang-Blitar (PP) dan KA Penataran relasi Blitar-Surabaya-Blitar (PP), serta KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono-Surabayakota (PP).
 
"Meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go-show, mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api," kata Ixfan.
 
Ixfan menambahkan, untuk penumpang yang telat membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA.
 
Syaratnya penumpang harus menunjukkan tiket atau boarding space atau e-boarding pass ke petugas di stasiun.
 
"Kami harap agar masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo Rp0 ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi masyarakat," tutur Ixfan. (Azhar Bagas Ramadhan)

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif