NEWSTICKER
Sejumlah pedagang bertahan menjajakan dagangan di gerbang TWA Tangkuban Parahu, 20 September 2019. MEDIA INDONESIA Koresponden/ Depi Gunawan
Sejumlah pedagang bertahan menjajakan dagangan di gerbang TWA Tangkuban Parahu, 20 September 2019. MEDIA INDONESIA Koresponden/ Depi Gunawan

Status Gunung Tangkuban Parahu Kembali Normal

Nasional erupsi gunung
P Aditya Prakasa • 21 Oktober 2019 13:07
Bandung: Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tangkuban Parahu telah dibuka kembali untuk masyarakat. Hal itu dilakukan setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Tangkuban Parahu dari level waspada menjadi normal.
 
Kepala PVMBG Kasbani mengatakan berdasarkan data visual dan evaluasi secara komperhensif, maka status Gunung Tangkuban Parahu diturunkan menjadi normal.
 
"Pada hari ini 21 Oktober 2019 terhitung sejak jam 09.00 WIB dinyatakan Gunung Tangkuban Parahu diturunkan dari level II waspada menjadi level I normal. Dengan rekomendasi tidak ada aktivitas di bibir kawah dan masuk di kawah aktif," kata Kasbani di kantor PVMBG, Senin, 21 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kasbani menjelaskan dari pemantauan visual, dari sisi instrumen seismik, getaran, dan deformasi kembang kempisnya gunung menurun dan stabil. Kemudian gas vulkanik yang keluar di sekitar bibir kawah relatif di bawah ambang batas dan cenderung menurun.
 
"Gunung sudah normal dan aman, terpantau bagus dengan sangat baik. Sejak satu bulan terakhir tidak terjadi erupsi apalagi disertai emisi abu, hanya asap putih dengan ketinggian rata-rata 50 meter," jelas Kasbani.
 
Dengan kondisi saat ini Kasbani berharap masyarakat tetap berkoordinasi dengan PVMBG serta pos pemantauan. Meskipun saat ini di bawah Gunung Tangkuban Parahu tidak terdapat desakan magma.
 
"Dari pemantauan, tidak ada kandungan gas berbahaya relatif dibawah ambang batas dan aktivitas vulkanik menurun dan stabil. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan mengikuti arahan pemda dan mendapatkan informasi PVMBG," pungkas Kasbani.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif