NEWSTICKER
Gubernur Jawa TImur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)
Gubernur Jawa TImur Khofifah Indar Parawansa. (Foto: Medcom.id/Amaluddin)

Khofifah: 6 Orang Positif Korona Diisolasi di RS Surabaya

Nasional Virus Korona
Amaluddin • 18 Maret 2020 00:00
Surabaya: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut ada enam orang yang dipastikan positif terpapar virus korona covid-19. Pasien sudah diisolasi di sejumlah rumah sakit.
 
"Semua pasien saat ini ada di Surabaya, dan ditangani oleh paramedis yang sudah profesional," kata Khofifah, di Surabaya, Selasa malam, 17 Maret 2020.
 
Khofifah menegaskan pasien telah menjalani perawatan intensif di beberapa rumah sakit di Surabaya. Namun, Khofifah merahasiakan rumah sakit tempat keenam pasien korona itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak mungkin menjelaskan secara detail, terkait data orang yang positif covid-19 ini, agar tidak menimbulkan kepanikan," jelasnya.
 
Baca:Daerah Boleh Nyatakan Darurat Covid-19
 
Menurut Khofifah, awalnya keenam pasien korona itu berinisiatif sendiri memeriksakan kondisi tubuhnya. Setelah dilakukan pemeriksaan di RS Unair Surabaya, enam orang itu dinyatakan positif covid-19.
 
Setelah diketahui positif, lanjut Khofifah, tim satgas korona Jatim dengan beberapa tim dokter, langsung melakukan menelusuri ke tempat-tempat yang pernah dikunjungi oleh enam orang tersebut.
 
"Jadi kita akan telusuri siapa saja yang pernah kontak dengan orang positif covid-19 itu, utamanya keluarga para pasien yang langsung akan mendapat pengawasan khusus, karena pasti bersentuhan langsung selama ini," ujarnya.
 
Khofifah berharap bagi keluarga atau orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien, diharapkan mengisolasi mandiri di rumah masing-masing. Jika kondisi dalam status orang dalam pemantauan (ODP), sedangkan yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) akan diisolasi di rumah sakit rujukan.
 
"Kami harap mereka yang pernah kontak dengan para pasien itu, segera memeriksakan diri ke RS," pungkasnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif