Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Waspada Pemudik Roda Dua, Hujan dan Angin Kencang di Jalur Selatan Jateng

Nasional Mudik Lebaran cuaca buruk jawa tengah Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Antara • 26 April 2022 14:33
Cilacap: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik yang melintasi jalur selatan Jawa Tengah waspada terhadap hujan yang masih berpotensi terjadi di wilayah Jateng selatan.
 
"Hingga saat ini potensi hujan di Jateng selatan masih ada. Karakteristik hujannya adalah hujan masa transisi," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Selasa, 26 April 2022.
 
Ia mengatakan karakteristik hujan pada masa transisi ditandai dengan kondisi cuaca pada pagi hari yang cenderung panas. Namun siang harinya mulai banyak awan terutama awan cumulonimbus (Cb).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hujan cenderung terjadi pada sore hingga malam hari dengan intensitas sedang hingga sangat lebat. Namun durasinya lebih pendek yang kadang disertai petir dan angin kencang.
 
Baca: Waspada! Potensi Longsor di Jalur Mudik Kawasan Air Dingin Kabupaten Solok
 
"Kondisi cuaca seperti dapat memicu terjadinya angin puting beliung," katanya.
 
Oleh karena itu, kata dia, pemudik khususnya yang mengendarai sepeda motor diimbau untuk berhati-hati dan mewaspadai potensi terjadi hujan disertai angin kencang di jalur selatan Jateng khususnya ruas Panulisan (perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat) hingga Wangon.
 
Menurut dia, hal itu disebabkan kondisi jalan di ruas Panulisan hingga Wangon berliku dan banyak terdapat titik rawan longsor maupun ambles.
 
"Meskipun sedikit, longsoran tanah yang jatuh ke jalan raya saat hujan akan membuat jalan menjadi licin, sehingga berbahaya jika dilalui dengan kecepatan tinggi," katanya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif