Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.
Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Arus Mudik di Kota Malang Normal, Posko Siap Tampung Keluhan

Nasional Mudik Lebaran Kota Malang Kabupaten Malang Mudik Lebaran 2022 Info Mudik Mudik 2022
Daviq Umar Al Faruq • 26 April 2022 15:33
Malang: Arus mudik Lebaran di Kota Malang, Jawa Timur, masih normal. Namun, ada sedikit peningkatan mobilitas masyarakat sejak Sabtu, 23 April 2022. 
 
Kasat Lantas Polresta Malang Kota, Kompol Yoppi Anggi Krisna, mengatakan, peningkatan itu belum terlalu signifikan. 
 
"Hanya ada kepadatan pada jam-jam tertentu. Contohnya pada saat akan berbuka puasa, sekitar 16.30-17.30 WIB, ada beberapa titik kemacetan di Malang Kota. Untuk arus mudik masih tergolong normal," katanya, Selasa 26 Aprik 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yoppi mengaku telah memetakan sejumlah titik rawan kemacetan selama mudik Lebaran. Salah satunya di pintu masuk wilayah Malang Kota.
 
Baca juga: 257.383 Kendaraan Masuk Kota Solo H-7 Lebaran
 
"Titik kemacetan ada di Jalan Ahmad Yani, PDAM Lama, Sulfat, serta dari arah Dinoyo itu di Landungsari itu juga merupakan titik macet. Antisipasi selanjutnya di wilayah Kacuk maupun Gadang. Di situ banyak kendaraan yang akan melintas terutama di wilayah Blitar," ungkapnya.
 
Ia melanjutkan bakal mengantisipasi di setiap titik rawan kemacetan. Contohnya, jika terjadi kemacetan di wilayah PDAM lama, petugas bakal mengalihkan arus lalu lintas dari arah utara ke timur, ke Jalan Raden Intan.
 
"Jika di situ ada kepadatan panjang, kita koordinasi dengan Kasatlantas Polres Malang. Kita minta lakukan penutupan tol di Singosari agar keluar di Pakis maupun Madyopuro," ujarnya.
 
Di sisi lain, Yoppi mengaku belum bisa memprediksi jumlah kendaraan yang masuk ke Kota Malang pada musim mudik. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait hal itu.
 
Baca juga: ASN Pemkab Batang Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas
 
Sementara itu di Bandara Abdul Rachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, dibangun Posko Mudik Lebaran 2022, yang akan beroperasi mulai 29 April hingga 10 Mei 2022. Posko disiapkan untuk menyukseskan mudik lebaran tahun ini. 
 
"Posko, pertama untuk pemantauan jumlah arus mudik, balik, dan kapasitas dan lainnya. Kemudian pemantauan terhadap layanan, misalnya ada antrean, apa yang harus dilakukan petugas itu kita siapkan," jelasnya.
 
"Misalnya ada kekurangan atau antrean,kita koordinasi dengan pemangku kepentingan di bandara. Seperti ada bagasi ketinggalan, tidak mungkin UPT bandara yang mengantar, tapi kami kontak pihak maskapai. Mereka juta tahu tupoksinya," imbuh dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif