Pembersihan material turap yang longsor menutup badan Kali Angke ditargetkan bersih dalam tiga hari kedepan. Medcom.id/Farhan Mudier
Pembersihan material turap yang longsor menutup badan Kali Angke ditargetkan bersih dalam tiga hari kedepan. Medcom.id/Farhan Mudier

Antisipasi Longsor, Pemkot Tangsel Akan Bangun Turap Senilai Rp5 Miliar

Nasional banjir longsor tangerang selatan
Farhan Dwitama • 18 Juni 2021 14:29
Tangerang: Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) akan membangun ulang turap di Perumahan Griya Satwika Telkom, Kelurahan Pisangan, Kecamatan Ciputat. Tujuannya untuk antisipasi supaya tak terjadi longsor lagi. 
 
"Itu memerlukan anggaran yang tidak kecil. Yang pasti untuk sementara kita buat cerucuk sama bronjong dari batu kali," ucap Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie dikonfirmasi, Jumat, 18 Juni 2021. 
 
Nantinya, saat pembagunan ulang turap di lokasi tersebut, pihaknya akan dibantu oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dalam menentukan teknologi yang akan digunakan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Benyamin mengungkapkan bahwa ada dua pilihan. Yakni memakai bored pile sampai menyentuh tanah terkeras atau membuat dinding beton dengan struktur terasering. 
 
"Tapi yang mana itu, harus ada kajian teknologi. Belum diputuskan," ucap dia. 
 
Baca: Pembersihan Longsor Anak Kali Angke Ditargetkan Selesai dalam 3 Hari
 
Benyamin menambahkan, rencana pembuatan turap tersebut akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) tahun 2022. Sebab, pembangunan menelan biaya tinggi, yakni di atas Rp5 miliar.
 
"Realisasi itu (turap baru) jangka panjang direncanakan tahun depan," tegas Benyamin.
 
Saat ini, penanganan dilakukan dengan cerucuk bambu dan bronjong batu kali "Dipastikan itu kuat menahan tanah di lokasi itu. Sebelahnya pakai bronjong, enggak roboh," terang Benyamin. 
 
Saat ini, Dinas teknis kata Benyamin tengah menyelesaikan pembersihan badan kali Angke yang tertutup longsor, termasuk jalan serta rumah yang terkena longsoran turap.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif