Tiga orang tersangka kasus penyalahgunaan dana pinjaman Rp25 miliar dari Kementerian Koperasi dan UMKM kepada gabungan koperasi susu se Kabupaten Pasuruan (Foto / Metro TV)
Tiga orang tersangka kasus penyalahgunaan dana pinjaman Rp25 miliar dari Kementerian Koperasi dan UMKM kepada gabungan koperasi susu se Kabupaten Pasuruan (Foto / Metro TV)

Korupsi Rp25 Miliar, Eks Wabup Pasuruan Jadi Tersangka

Nasional korupsi anas Kejaksaan
Clicks.id • 18 Agustus 2021 20:37
Pasuruan: Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pasuruan menetapkan tiga tersangka kasus penyalahgunaan dana pinjaman Rp25 miliar dari Kementerian Koperasi dan UMKM kepada gabungan koperasi susu se-Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, bernama PKIS Sekar Tanjung.
 
Tersangka tersebut berinisial KN selaku Ketua PKIS, RKP alias Gagah sebagai sekretaris yang juga merupakan mantan wakil bupati (wabup) Pasuruan tahun 2013-2018, dan WN sebagai penyedia dari pihak swasta.
 
"Tiga tersangka diamankan Kejaksaan Negeri Kabupaten Pasuruan atas kasus tipikor pada kasus pemberian pinjaman dari Kementerian Koperasi dan UMKM kepada koperasi PKIS Sekar Tanjung dengan pinjaman Rp25 miliar," Kepala Kejari Kabupaten Pasuruan, Ramdhanu, Rabu, 18 Agustus 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Sistem Penyaluran Bansos Diklaim Selamatkan Uang Negara Rp10,5 T
 
Dalam penetapan tersangka, pihak kejari mengaku memerlukan waktu satu tahun penyelidikan. Barang bukti yang disita cukup banyak, yakni berkas sebanyak dua pikap.
 
Ramdhanu menerangkan, anggaran dana bergulir sebesar Rp25 miliar itu turun untuk kegiatan Tahun 2003 hingga 2004 untuk menyejahterakan koperasi-koperasi susu dan peternak susu anggota koperasi. Namun dalam pelaksanaannya, dana tersebut disalahgunakan.
 
"Uang tersebut yang seharusnya untuk kesejahteraan para peternak susu se-Kabupaten Pasuruan, yang Rp15 miliar itu dipakai untuk membuat PT yang namanya PT Nurwy Steel Engineering. Salah satu, pengurusnya adalah pihak ketiga, yang satu DPO," ungkapnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif