Lima Kelurahan di Lubuklinggau Diterjang Banjir Bandang, Sabtu, 23 Mei 2020. Medcom.id/ Fajri Fatmawati
Lima Kelurahan di Lubuklinggau Diterjang Banjir Bandang, Sabtu, 23 Mei 2020. Medcom.id/ Fajri Fatmawati

Banjir Air Pasang Purnama Melanda Pidie Jaya dan Lhokseumawe

Nasional banjir
Fajri Fatmawati • 23 Mei 2020 11:36
Banda Aceh: Pasang purnama yang terjadi di wilayah pesisir Kabupaten Pidie Jaya dan Kota Lhokseumawe mengakibatkan banjir air pasang. Ketinggian air yang naik ke darat mencapai sekitar 15 sentimeter.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, mengatakan banjir terjadi di Desa Hagu Barat Laut dan Hagu Tengah, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe dan di Desa Meunasah Keude, Kecamatan Pante Raja, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.
 
"Banjir air pasang akibat pasang purnama yang terjadi sejak 22 Mei 2020, pukul 10.00 WIB, di dua wilayah pesisir Kabupaten/kota di Aceh," kata Sunawardi, saat dikonfirmasi, Sabtu, 23 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Lima Kelurahan di Lubuklinggau Diterjang Banjir Bandang
 
Pasang purnama mengakibatkan air laut naik ke darat sejauh 15 meter dengan ketinggian air 15 sentimeter. Di Kabupaten Pidie Jaya air pasang mengakibatkan permukiman warga tergenang air.
 
"Ada satu unit rumah terbawa arus. Namun, sudah terselamatkan dan korban terdampak ada satu kepala keluarga (KK) telah dievakuasi,” ujarnya.
 
Sedangkan di Kota Lhokseumawe genangan air dan pasir masih menutupi halaman rumah warga dan badan jalan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya dan Lhokseumawe telah melakukan evakuasi bagi warga terdampak.
 
“Petugas kita dari kedua BPBD PIdie Jaya dan Lhokseumawe terus memantau perkembangan kondisi banjir air pasang, informasi terakhir yang saya terima air sudah mulai surut," pungkasnya.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif