NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Cegah Virus Korona, Jateng Ingin Bangun Pabrik Masker

Nasional Virus Korona
Mustholih • 18 Maret 2020 16:17
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memanfaatkan momentum penyebaran virus korona covid-19 dengan mendirikan pabrik masker. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memilih Brebes sebagai daerah yang akan dibangun pabrik masker tersebut.
 
"Saat ini masih proses perizinannya," kata Ganjar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 18 Maret 2020.
 
Ganjar menjelaskan Jawa Tengah patut meniru Korea Selatan yang mampu memproduksi 14 juta masker per hari. Ganjar ingin Jawa Tengah bisa mandiri dan tidak membeli masker dari daerah lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Eks Pasien Korona di Depok Dipantau Sepekan
 
Selain masker, kata Ganjar, Jawa Tengah berencana meningkatkan produksi alkohol menjadi 3 juta liter per hari. Menurut Ganjar, produksi alkohol perlu ditingkatkan karena cairan tersebut merupakan salah satu komponen untuk membuat hand sanitizer.
 
"Di Jawa Tengah hanya ada satu perusahaan yang memproduksi alkohol, di Wonogiri. Nanti akan produksi sampai 3 juta liter. Karena kita perlu hand sanitizer yang selama ini produksinya terbatas," jelas Ganjar.
 
Meski begitu, kata Ganjar, dalam upaya penanganan virus korona, Jawa Tengah sebenarnya masih kekurangan alat pelindung diri terutama untuk tenaga medis. Ganjar mengaku mendapat aduan dari Bupati dan Wali Kota se-Jateng yang mengeluhkan terbatasnya sepatu pelindung, respirator, dan baju hazmat.
 
"Kita lagi cari siapa yang bisa produksi. Kita sudah meminta untuk didata. Kita akan paksa untuk produksi lebih banyak," pungkas Ganjar.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif