Ibadah haji 2020 diselenggarakan terbatas di tengah pandemi. Foto: AFP.
Ibadah haji 2020 diselenggarakan terbatas di tengah pandemi. Foto: AFP.

Pemprov Jabar Upayakan Pemulihan Travel Haji dan Umrah

Nasional Virus Korona ibadah haji
P Aditya Prakasa • 14 Agustus 2020 17:55
Bandung: Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah berupaya meringankan beban pelaku usaha travel haji dan umrah akibat pandemi covid-19. Sejumlah strategi dibahas bersama pelaku biro dan travel umrah.
 
Kepala Disparbud Jawa Barat, Dedi Taufik, mengatakan pihaknya telah menggelar pertemuan dengan Forum Komunikasi dan Silaturahmi Penyelenggara Travel Umrah dan Haji Jawa Barat (FKS Patuh Jabar) untuk membahas strategi pemulihan.
 
"Kami membahas bersama asosiasi umrah bagaimana strategi ke depan pasca pandemi covid-19 ini terutama terkait perjalanan wisata umrah sekaligus memberdayakan mengoptimalisasi Bandara Kertajati, bahkan sudah menjalin kesepahaman dengan Garuda Indonesia dan asosiasi," kata Dedi di Bandung, Jumat, 14 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Mantan Pekerja Kontrak Berharap Bantuan Pandemi Covid-19
 
Dedi mengatakan pihaknya saat ini sudah merintis pembicaraan dan sejumlah langkah, salah satunya menghidupkan kembali penerbangan khusus dari Bandara Kertajati, Majalengka. Menurutnya dua hal yang harus dilakukan jika industri travel ingin kembalih pulih, yakni dibantu operasional dan promosi.
 
"Kami sudah kumpulkan travel agen umrah dan melobi Garuda Indonesia untuk charter flight umrah pada September, sekaligus juga kargo," jelas Dedi.
 
Dedi juga mengaku siap berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) setelah ada izin dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengenai penerbangan khusus tersebut.
 
Sementara Ketua FKS Patuh Jabar, Wawan R. Misbach, berkomitmen untuk memproritaskan pemberangkatan jemaah umrah yang tertunda gara-gara pandemi covid-19.
 
Salah satunya adalah bekerjasama dengan maskapai Garuda Indonesia untuk menyediakan penerbangan khusus Umrah yang berangkat dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka satu minggu sekali.
 
Dari informasi sementara yang diterima FKS Patuh Jabar, Pemerintah Arab Saudi akan menormalkan kembali penerbangan internasional mulai 1 September 2020. Namun realisasinya masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi terkait penyelenggaraan Umrah pada tahun ini.
 
"Kendati demikian, belum ada kebijakan spesifik terkait penyelenggaraan Umrah. Kami masih menunggu," ujar Wawan.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif