ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Jepara Keluar dari Zona Merah Covid-19

Nasional Virus Korona
Rhobi Shani • 14 Agustus 2020 14:13
Jepara: Saat ini Kabupaten Jepara Jawa Tengah, berada di zona oranye secara nasional penyebaran virus korona covid-19. Sebelumnya, beberapa pekan lalu Bumi Kartini masuk dalam zona merah nasional covid-19 dengan penularan dan penyebaran berisiko tinggi.
 
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, mengatakan sejak Minggu, 9 Agustus 2020, Kabupaten Jepara sudah keluar dari zona merah. Sebelumnya, sejak akhir Juni hingga pekan pertama Agutus 2020, Bumi Kartini berada di zona merah.
 
“Allahamdulillah, Jepara dari daerah berisiko tinggi sekarang sudah masuk ke daerah berisiko sedang. Mari ini kita jadikan semangat untuk terus menekan angka penyebaran sehingga Jepara bisa dengan segera ke zona hijau,” ujar Dian usai mendengar pidato kenegaraan Presiden Indonesia Joko Widodo di kantor DPRD Jepara, Jumat, 14 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski sudah keluar dari zona merah, Dian, meminta masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan. Itu sebabnya, pada perayaan kemerdekaan yang ke 75 Republik Indonesia tahun ini, pemerintah kabupaten melarang masyarakat menggelar lomba-lomba peringatan 17 Agustus.
 
Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jepara, Fakhrudin, mengatakan ada 15 kriteria yang dijadikan tolok ukur penentuan zona oleh Kementerian Kesehatan. Diantaranya, epidemologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan.
 
“Ada banyak indikator penilaiannya. Seperti penurunan jumlah kasus positif pada minggu terakhir, jumlah meninggal dunia, jumlah kasus yang dirawat di rumah sakit, kenaikan jumlah selesai pemantauan, laju insidensi kasuu, hingga angka reproduksi efektif,” ungkap Fakhrudin.
 
Evaluasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan dilakukan setiap minggu. Maka, sangat mungkin bisa kembali ke zona merah lagi. Itu jika masyarakat mengabaikan protokol kesehatan.

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif