NEWSTICKER
Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Warga Gunungkidul Resah Pasien Positif Korona 'Berkeliaran'

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 27 Maret 2020 04:03
Gunungkidul: Warga Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resah dengan tingkah laku salah satu pasien positif korona (covid-19). Sebab, orang tersebut tidak melakukan isolasi mandiri, bahkan sempat menghadiri hajatan.
 
"Saya dapat laporan ini pada Rabu (25 Maret) dari perangkat desa dan sejumlah tokoh masyarakat di sana," kata Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih saat dihubungi pada Kamis, 26 Maret 2020.
 
Informasi yang Endah dapat menyebutkan jika warga tersebut sempat dirawat di rumah sakit di Jakarta. Pihak rumah sakit mempersilakan pasien melakukan isolasi mandiri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, bukan melakukan isolasi 14 hari, pasien positif itu justru memilih mudik ke Gunungkidul. Warga yang berinteraksi dengan orang tersebut mulai panik. Bahkan, lingkungan warga disemprot disinfektan.
 
"Warga yang mudik kami minta isolasi diri mandiri. Jangan sampai berkontak langsung sebelum isolasi 14 hari," kata dia.
 
Baca: WNA Pingsan di Tebet Dievakuasi Tim Medis Korona
 
Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi mengatakan pihaknya telah mengecek tempat tinggal warga tersebut. Immawan juga meminta warga yang baru pulang dari Jakarta mengisolasi diri.
 
"Setelah tahu hasil pemeriksaan (positif covid-19) yang bersangkutan telah mengisolasi diri," kata Immawan.
 
Warga Gunungkidul Resah Pasien Positif Korona 'Berkeliaran'
Ilustrasi Medcom.id
 
Dia mengaku telah berkoordinasi dengan rumah sakit. Immawan meminta masyarakat tak panik atas situasi saat ini.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengaku telah menelusuri riwayat warga tersebut. Warga tersebut memang diizinkan pulang setelah menjalani perawatan.
 
"Pasien diizinkan pulang karena selama dirawat kondisi sudah membaik meski hasil belum keluar. Arahan dokter, pasien harus istirahat dan tidak beraktivitas ke luar rumah, dan ini dilanggar," kata Dewi.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif