NEWSTICKER
Penumpang di Stasiun Cirebon, saat menggunakan fasilitas bilik disinfektan. Medcom.id/AHmad Rofahan
Penumpang di Stasiun Cirebon, saat menggunakan fasilitas bilik disinfektan. Medcom.id/AHmad Rofahan

Bilik Disinfektan Semprot Penumpang Kereta Stasiun Cirebon

Nasional Virus Korona
Ahmad Rofahan • 27 Maret 2020 12:32
Cirebon: PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon menghadirkan bilik disinfektan untuk sterilisasi penumpang. Bilik disinfektan mulai beroperasi pada Kamis, 26 Maret 2020, di Stasiun Cirebon, Jawa Barat.
 
"Ini merupakan langkah pencegahan penyebaran virus korona (covid-19) yang dilakukan oleh Daop 3 Cirebon," ujar Manager Humas Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, Jumat, 27 Maret 2020.
 
Luqman menjelaskan bilik disinfektan akan menyemprot tubuh penumpang yang hendak masuk zona 1 stasiun. Yakni usai penumpang melakukan boarding pass.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam bilik tersebut, para penumpang disterilisasi dengan cara disemprotkan cairan disinfektan ke seluruh tubuh. Dia berharap upaya tersebut bisa membunuh kuman dan bakteri yang menempel di tubuh penumpang.
 
"Ini juga sekaligus sebagai upaya PT KAI untuk memberikan rasa aman kepada penumpang KA dalam mencegah penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di lingkungan stasiun," kata Luqman.
 
Bilik tersebut juga diperuntukan bagi para petugas KA yang akan berdinas. Seluruh petugas KA yang akan berdinas dan selesai menjalankan dinas, wajib masuk dalam bilik disinfektan untuk disterilisasi.
 
"Saat ini Bilik Disinfektan hanya terpasang di Stasiun Cirebon. Selanjutnya secara bertahap, akan dipasang di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Brebes, Stasiun Jatibarang, dan di Stasiun Haurgeulis," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif