NEWSTICKER
Banjir yang terjadi di Desa Rengasdengklok Selatan, Karawang. (Foto: MI/Cikwan Suwandi)
Banjir yang terjadi di Desa Rengasdengklok Selatan, Karawang. (Foto: MI/Cikwan Suwandi)

BNPB Sebut Banjir Karawang Akibat Wilayah Hulu Rusak

Nasional bencana banjir
Cikwan Suwandi • 26 Februari 2020 17:07
Karawang: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menyebut kerusakan lingkungan di wilayah hulu Karawang, Jawa Barat, menjadi salah satu penyebab utama banjir.
 
Wilayah selatan Karawang, kata dia, merupakan daerah dataran tinggi yang harus dijaga kelestariannya. Permukiman padat dan aktivitas manusia seperti pertanian, pertambangan, dan penebangan pohon, merusak wilayah hulu.
 
"Wilayah hulu harus tetap dijaga. Saya minta pemerintah daerah membuat aturan yang melindungi daerah-daerah hulu," ujar Doni, di Karawang, Rabu, 26 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Doni juga menyebutkan penyempitan dan sedimentasi sungai di Kabupaten Karawang sudah sangat parah. Selain itu, pembuang sampah sembarangan masih menjadi persoalan penyebab banjir.
 
Baca juga:15 Ribu KK Mengungsi Akibat Banjir di Karawang
 
"Tadi Pak Sekda Acep Jamhuri juga mengakui. Penyumbatan karena sampah masih terjadi dan menjadi salah satu penyebab banjir," ucapnya.
 
Menurut Doni, dalam penanganan bencana, setiap daerah wajib memiliki rencana penanggulangan bencana (RPB). Hal itu dilakukan untuk melakukan antisipasi hingga proses penanganan bencana.
 
"Potensi-potensi bencana daerah harus diketahui secara detail dan jelas. Lalu bagaimana mencegahnya dan jika terjadi bagaimana melakukan penanganannya? Harus terkoordinasi dengan baik dari pusat, provinsi, dan daerah. Sehingga ada penanganan yang saling mengisi," jelas Doni.
 
Doni menambahkan tak semua daerah punya RPB. Salah satunya Kabupaten Karawang.
 
"Sudah ada beberapa daerah yang meminta bantuan, bahkan ke sejumlah ahli untuk membuat (RPB). Jadi memang bertahap, saya harap nanti Karawang juga membuatnya," pungkasnya.
 
Baca juga:Pekalongan Akan Revitalisasi Sungai Antisipasi Banjir
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif