ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Kasus Covid-19 Meningkat, 16 Daerah di Sumsel Masuk Zona Oranye

Nasional Virus Korona protokol kesehatan
Gonti Hadi Wibowo • 23 November 2020 13:33
Palembang: Sebanyak 16 dari 17 kabupaten dan kota di Sumatra Selatan tercatat menjadi zona oranye atau risiko sedang penyebaran covid-19. Sedangkan satu wilayah lainnya yakni Kabupaten OKU Selatan tercatat zona kuning atau risiko rendah.
 
"Hampir seluruh wilayah di Sumsel ini sudah zona oranye yang artinya ada peningkatan kasus covid-19. Meningkatnya kasus ini karena adanya lonjakan klaster baru khususnya di Kabupaten Ogan Ilir dan Banyuasin," kata Kasi Survei dan Imunisasi Dinkes Sumsel, Yusri, Senin 23 November 2020.
 
Yusri mengatakan kasus dari klaster perkantoran dari pemerintahan dan swasta sudah mencapai 30 persen. Kasus ini menjadi catatan terbesar setelah klaster keluarga yang juga mendominasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya menilai antara klaster kantor dan keluarga sejauh ini sangat berhubungan. Saat seseorang tepapar covid-19 dari kantor maka akan rentan menulari keluarga saat pulang ke rumah.
 
"Misalnya ada anggota keluarga kita yang bekerja dan mereka tertular virus di kantor, lalu mereka pulang ke rumah dan menyebar ke anggota keluarga lain. Itu yang membuat angka kasus kita tinggi karena timbul klaster baru," jelasnya.
 
Baca: Pemkab Malang Tak Rekomendasikan KBM Tatap Muka
 
Adapun 16 Kabupaten dan Kota yang tercatat zona oranye ialah, Palembang, Ogan Komering Ilir (OKI), Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), Musi Banyuasin, Muara Enim, Musi Rawas, Banyuasin, Ogan Ilir, Prabumulih, Pagar Alam, Lubuklinggau, OKU Timur, Empat Lawang, PALI, dan Musi Rawas Utara.
 
"Saat ini sekitar 80 persen kasus covid-19 aktif di Sumsel ini Orang Tanpa Gejala (OTG) dan mereka banyak yang menjalani isolasi di rumah," katanya.
 
Per 22 November 2020, kasus covid-19 di Sumsel sebanyak 9.080 orang, pasien sembuh 7.363, pasien meninggal 485 orang. 

 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif