ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Covid-19 Sebabkan Penurunan Penumpang Kapal Laut di Tanjung Pandan

Nasional transportasi laut Virus Korona pandemi covid-19 Protokol Covid-19
Antara • 23 Oktober 2020 01:32
Belitung: Jumlah penumpang di Pelabuhan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hingga September mencapai 18.902 orang. Jumlah tersebut mengalami penurunan karena pandemi covid-19.
 
"Terjadi penurunan jumlah penumpang di pelabuhan akibat berkurangnya jadwal keberangkatan kapal cepat penumpang karena pandemi covid-19," kata General Manager PT Pelindo II Cabang Tanjung Pandan, Hambar Wiyadi, di Tanjung Pandan, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Baca: Terduga Pembunuh Wanita Dalam Mobil Terbakar di Sukoharjo Ditangkap

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan sebelum pandemi covid-19 jadwal keberangkatan kapal cepat penumpang sebanyak empat kali dalam seminggu, namun di tengah pandemi hanya dua kali keberangkatan dalam seminggu.
 
"Bahkan di bulan Mei dan Juni kapal cepat sempat tidak beroperasi akibat pandemi covid-19," jelasnya.
 
Hambar menyebut jumlah penumpang pada Januari sebanyak 4.646 penumpang, Februari 5.146 penumpang, Maret 4.892 penumpang, April 394 penumpang, Juli 285 penumpang, Agustus 1.400 penumpang dan September sebanyak 2.139 penumpang.
 
"Rata-rata per bulan hingga September ada sebanyak 1.575 penumpang dengan kapasitas ruang tunggu sebanyak 125 penumpang," ungkapnya.
 
Dia memastikan setiap penumpang yang berangkat di pelabuhan tersebut mematuhi protokol kesehatan dan melalui pemeriksaan ketat dari barang bawaan yang berbahaya dan dilarang oleh ketentuan. "Karena mulai 9 Agustus lalu telah terpasang fasilitas X-Ray di terminal penumpang," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif