ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Okupansi Kamar Perawatan Pasien Covid-19 di Semarang Capai 80%

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19
Mustholih • 07 Januari 2021 16:57
Semarang: Rumah sakit di Kota Semarang, Jawa Tengah, dipenuhi pasien yang terinfeksi virus korona. Persentase jumlah kamar isolasi dan unit perawatan intensif (ICU) bagi pasien covid-19 di rumah sakit di Kota Semarang melampaui 80 persen.
 
"Beberapa sudah penuh seperti ICU RS Dokter Kariadi dan RS K.R.M.T. Wongsonegoro. Tapi masih ada beberapa lokasi yang terus melakukan penambahan kamar. Kamar masih ada, hanya persentase di atas 80 persen," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Hendrar mengatakan, jumlah kasus konfirmasi covid-19 di Kota Semarang mencapai 22.098 orang. Dari angka tersebut, pasien yang sembuh berjumlah 19.329 orang dan meninggal 1.772 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasien covid-19 (yang dirawat) hari ini, 997 orang, hampir seribu orang. Yang warga Semarang 721 orang dari luar kota 276 orang," tegasnya.
 
Baca: Naik, Positivity Rate Covid-19 Di Indonesia Mencapai 15,5%
 
Untuk memastikan pasien covid-19 bisa mendapat perawatan dengan baik, kata Hendrar, Rumah Dinas Wali Kota yang semula digunakan sebagai tempat karantina pasien covid-19 berstatus orang tanpa gejala akan beralih fungsi menjadi rumah sakit darurat.
 
"Rumah dinas ini mulai senin akan kita tingkat status menjadi rumah sakit darurat. Nanti, yang dirawat orang-orang covid-19 dan yang ada gejala seperti sesak napas atau demam," jelas Hendrar.
 
Sedangkan, pasien berstatus OTG yang menjalani karantina mandiri di Rumah Dinas akan dipindah ke Islamic Center Semarang. Menurut Hendrar, selama ini Rumah Dinas sudah dipenuhi dengan pasien berstatus OTG yang sedang menjalani isolasi.
 
"Islamic Center nanti khusus untuk OTG. Sehingga  bisa mengurangi pasien di rumah dinas yang sudah berjubel di atas 100 sampai 150 orang per hari," bebernya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif