Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar menjadi anggota PDIP
Gibran Rakabuming Raka saat mendaftar menjadi anggota PDIP

Peluang Gibran Jadi Wali Kota Solo Terbuka Lebar

Nasional
Pythag Kurniati • 28 Oktober 2019 14:58
Solo: Peluang Gibran Rakabuming Raka untuk maju menjadi Wali Kota Solo terbuka lebar. Pertemuan Gibran dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beberapa waktu lalu menjadi sinyal positif bagi putra Presiden Jokowi untuk dicalonkan sebagai Calon Wali Kota Solo.
 
Kepala Laboratorium Kebijakan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Suwardi mengatakan, diterimanya Gibran oleh Mega di kediamannya di Teuku Umar, Jakarta menunjukkan simbol telah membuka peluang kepada Gibran.
 
"Jadi Gibran datang itu bukan karena Bu Mega ingin ketemu Gibran, tapi lebih sebagai simbol politik," ujar Suwardi, Senin, 28 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia berpendapat, Megawati tidak mungkin menerima tamu sembarang orang. Namun Gibran justru diterima dengan baik di kediaman Megawati.
 
"Artinya Gibran punya posisi sama kuat dengan calon yang sudah diajukan DPC PDIP Solo, Purnomo-Teguh. Nanti tinggal bagaimana proses politik di DPP," ujarnya.
 
Unisri pada Juli 2019 lalu membuat survei dan memprediksi tiga nama yang kini maju Pilwalkot Solo lewat PDIP. Yakni Gibran, Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dan Anggota DPRD Solo yang juga Sekretaris DPC PDIP Solo Teguh Prakosa.
 
"Dulu nama-nama itu muncul dari riset ke tokoh-tokoh dan ahli. Kita tanya kriteria yang cocok untuk Wali Kota Solo mendatang seperti apa, muncul nama-nama itu," kata Suwardi.
 
Dalam waktu dekat, Unisri akan merilis kembali hasil survei terbaru terkait nama-nama calon yang sudah berniat maju Pilwalkot Solo. "Paling lambat pertengahan Desember 2019 kita rilis," kata dia.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif