Dampak kabut asap di Aceh Barat, Aceh. (SYIFA YULINNAS/ANT)
Dampak kabut asap di Aceh Barat, Aceh. (SYIFA YULINNAS/ANT)

Anak-anak Dilarang Bermain di Luar Ruangan saat Kabut Asap

Nasional kabut asap
Antara • 18 Juli 2019 18:05
Meulaboh: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Barat mengimbau orang tua melarang anak-anak beraktivitas di luar rumah saat kabut asap. Kabut asap berasal dari kebakaran lahan di sejumlah wilayah di Aceh.
 
"Mengapa kita larang, karena anak-anak sangat rentan terjangkit penyakit infeksi saluran pernafasan (ISPA) dan menyebabkan gangguan kesehatan khususnya di bagian tenggorokan, ini berbahaya," kata Kepala Dinkes Aceh Barat, Syarifah Junaidah, di Meulaboh, Aceh Barat, Kamis, 18 Juli 2019.
 
Dia menerangkan imunitas anak-anak masih lemah ketimbang orang dewasa. Mereka lebih mudah terjangkit penyakit saluran pernafasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syarifah mengimbau warga untuk lebih banyak mengonsumsi buah segara, sayuran, dan memperbanyak minum. Agar imunitas bisa terjaga.
 
"Meski saat ini belum menemukan adanya masyarakat atau anak-anak yang terjangkit ISPA, kita berharap hal itu bisa dicegah," ujarnya.
 
Dinkes Kabupaten Aceh Barat dan sejumlah petugas kesehatan di tiap puskesmas giat menyosialisasikan kesehatan terhadap bahaya gangguan kabut asap. Dia mengimbau warga lebih menjaga kesehatan dan mengurangi aktivitas di luar rumah saat sebaran kabut asap terjadi.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif