Bupati Sleman Sri Purnomo (tengah) menerima penghargaan Swasti Saba Wistara. (Foto: Dok./Humas Pemkab Sleman)
Bupati Sleman Sri Purnomo (tengah) menerima penghargaan Swasti Saba Wistara. (Foto: Dok./Humas Pemkab Sleman)

Sleman Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

Nasional penghargaan
Patricia Vicka • 20 November 2019 13:30
Sleman: Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara sebagai Kabupaten sehat. Penghargaan ini merupakan yang tertinggi dalam penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS).
 
Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan penghargaan ini adalah kali ke enam yang diterima oleh Pemkab Sleman.
 
"Semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan kesadaran terkait kesehatan lingkungan," kata Sri Purnomo, Rabu, 20 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri menyebut penghargaan yang diraih Kabupaten Sleman tidak terlepas dari kerja keras banyak pihak. Baik pemerintah, swasta, juga masyarakat yang bekerja sama mewujudkan kabupaten sehat.
 
Sementara itu, Ketua Panitia penghargaan KKS 2019 Muhammad Hudori menuturkan ada 202 kabupaten/kota yang mengikuti kompetisi. Jumlah partisipan pun terus meningkat setiap tahunnya.
 
"Dengan peningkatan jumlah itu, pada akhirnya ditetapkan hasil evaluasi penyelenggaraan KKS 2019, terdapat enam provinsi pembina KKS terbaik, 88 kabupaten/kota menerima Swasti Saba Wistara, 29 kabupaten/kota Wiwerda, dan 60 kabupaten/kota Swasti Saba Padapa," kata Hudori.
 
Pemkab Sleman mulai meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dengan klasifikasi pemantapan ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri pada 2009.
 
Kemudian pada 2011 Kabupaten Sleman memperoleh Swasti Saba Wiwerda, dengan klasifikasi pembinaan untuk empat tatanan terpilih yaitu ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, kawasan permukiman sarana prasarana sehat, dan kawasan pariwisata sehat.
 
Selanjutnya pada 2013, Kabupaten Sleman kembali memperoleh Swasti Saba Wiwerda dengan lima tatanan yang terpilih yaitu kawasan permukiman sarana prasarana sehat, ketahanan pangan dan gizi, kawasan pariwisata sehat, kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.
 
Diikuti pada 2015 hingga 2019, Kabupaten Sleman berhasil mempertahankan penghargaan tertinggi yaitu penghargaan Swasti Saba Wistara dengan tujuh tatanan yang dipilih. Yaitu pemukiman sarana dan prasarana sehat, sarana lalu lintas tertib transportasi, pariwisata sehat, industri dan perkantoran sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta, kehidupan sosial yang sehat.

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif