BPBD Sidoarjo melakukan simulasi penanganan bencana, Rabu, 4 Desember 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi
BPBD Sidoarjo melakukan simulasi penanganan bencana, Rabu, 4 Desember 2019. Medcom.id/ Syaikhul Hadi

BPBD Sidoarjo Siagakan Ratusan Personel Selama Pancaroba

Nasional cuaca ekstrem
Syaikhul Hadi • 04 Desember 2019 15:46
Sidoarjo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo menyiagakan ratusan personel tanggap bencana jelang pancaroba. Sekitar 200 personel tanggap bencana akan disebar untuk mengantisipasi bencana.
 
"Mengahadapi musim hujan, sebagaimana arahan bupati kita siagakan ratusan personel berikut kendaraan tanggap bencana. Sekaligus, mengecek kembali kendaraannya yang akan dioperasionalkan," kata Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito di Sidoarjo, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Dwijo menjelaskan, ratusan personel tersebut dikumpulkan di alun-alun Sidoarjo untuk diberi arahan oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah. Puluhan kendaraan tanggap bencana juga disiagakan untuk beroperasi selama pancaroba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data BPBD Sidoarjo, selama kurun waktu 2019 telah terjadi 10 kali puting beliung, daerah yang rawan di antaranya kecamatan Sedati, kecamatan Waru, kecamatan Tulangan. "Untuk daerah yang rawan banjir, di antaranya Kecamatan Jabon, Kecamatan Porong, Kecamatan Waru dan Kecamatan Kota," jelas Dwijo.
 
Sementara untuk bencana kebakaran sepanjang 2019 telah terjadi sekitar 450 kali. saat ini BPBD sudah membangun pos damkar di enam kecamatan. "Targetnya masing-masing kecamatan memiliki posko damkar. Sehingga bencana kebakaran bisa ditangani secepat mungkin," ungkap Dwijo.
 
Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengajak semua pihak baik institusi pemerintah, swasta, pihak keamanan, kesehatan, dan instansi terkait lainnya, untuk merapatkan barisan. Meningkatkan koordinasi secara terencana, terpadu, dan berkesinambungan dengan semangat jiwa gotong royong saat datangnya musim hujan.
 
"Kesiapsiagaan personel dan kendaraan operasional tanggap bencana merupakan bagian dari upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan dampak bencana yang akan mungkin terjadi," kata Saiful.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif