Bupati Jepara, Dian Kristiandi, membatik bersama anak-anak di serambi belakang pendapa Kabupaten Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.
Bupati Jepara, Dian Kristiandi, membatik bersama anak-anak di serambi belakang pendapa Kabupaten Jepara. Medcom.id/ Rhobi Shani.

Bupati Jepara Ajak Anak-Anak Membatik di Tempat Belajar RA Kartini

Rhobi Shani • 21 April 2022 13:18
Jepara: Bupati Jepara Dian Kristiandi duduk bersila bersama puluhan anak-anak di serambi belakang pendapa Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Di tangan kiri Andi, sapaan Bupati Jepara, terdapat selembar kain bergambar banteng. Sementara tangan kanannya memegang canting.
 
Di depan Bupati terdapat satu kompor kecil. Di atasnya dipasang wajan berukuran kecil berisikan malam cair. Malam itu digunakan untuk menggambar pada kain sesuai dengan pola yang sudah dibuat.
 
Perlahan-lahan Andi mulai menggoreskan malam pada kain bergambar banteng. Usai mengambil malam dengan canting, Andi meniup ujung canting agar malam tidak tercecer. Andi tampak menikmati proses membatik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Mengenal Nenih, Sosok Kartini Peternak Perempuan Indonesia
 
Kurang dari 30 menit, Andi selesai membuat pola batik bergambar banteng dengan malam. Sementara puluhan anak-anak peserta membatik selesai membuat pola batik aneka jenis tanaman, bunga, dan hewan.
 
“Di hari ulang tahun ini (RA Kartini) yang ke 143, kami melakukan kegitan dengan mengajak anak-anak mencoba membatik,” ujar Andi usai membuat gambar pola batik, Kamis, 21 April 2022.
 
Selain mengenalkan batik kepada anak-anak, Andi juga mengajak anak-anak mengenang masa perjuangan RA Kartini. Seperti diketahui, serambi belakang pendapa Kabupaten Jepara dulu digunakan RA Kartini mengajar anak-anak.
 
“Dulu lokasi ini itu tempatnya Raden Ajeng Kartini belajar dan memberikan pelajaran membatik kepada masyarakat Jepara,” kata Andi.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif