Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Tangkapan layar video BNPB Indonesia
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian/Tangkapan layar video BNPB Indonesia

Mendagri Yakin Mahasiswa Sukses Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Medcom Files
M Rodhi Aulia • 28 Oktober 2020 14:42
Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengapresiasi program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Covid-19. Tito meyakini para mahasiswa KKN tematik itu sukses melakukan sosialisasi protokol kesehatan.
 
"KKN adik-adik mahasiswa turun langsung ke bawah melihat langsung apa yang terjadi, ini akan sangat bermanfaat. Mungkin pandemi seperti ini, 100 tahun ke depan tidak terjadi. Mudah-mudahan tidak," kata Tito dalam video yang disiarkan kanal Youtube BNPB Indonesia, Rabu 28 Oktober 2020.
 
Tito berharap para mahasiswa peserta KKN ini dapat mempelajari apa yang terjadi di tengah masyarakat dari berbagai dimensi berdasarkan teori yang dipelajari selama ini. Misalnya, dimensi kesehatan, ekonomi, sosial, politik, keamanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Paling tidak, ujar Tito, para mahasiswa ini dapat melakukan sosialisasi gerakan 3 M (Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Memakai Masker). Mahasiswa diharapkan memberi penjelasan yang dapat diterima oleh masyarakat sehingga terjadi perubahan perilaku hidup sehat. "Karena suara adik-adik sebagai kelompok terpelajar relatif didengar oleh publik, oleh masyarakat," ujar Tito.
 
Di sisi lain, Tito juga berharap para mahasiswa ini dapat memberikan solusi komprehensif. Artinya solusi perubahan perilaku di tengah pandemi tidak hanya berdasarkan satu dimensi saja.
 
"Saya selaku Mendagri berharap banyak kepada adik-adik untuk memberikan sumbangsih yang positif untuk membantu menyelesaikan permasalahan bangsa," kataTito.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan KKN tematik ini melibatkan lebih dari 5.600 mahasiswa yang tersebar di 200 lebih perguruan tinggi. Program ini merupakan kolaborasi Kemendikbud dengan BNPB, Kemendagri dan sejumlah pemangku kepentingan lainnya.
 
"Saya mengapresiasi inisiatif dan semangat perguruan tinggi yang melakukan pengabdian untuk membantu masyarakat, bangsa dan negara dengan karya yang nyata. Tidak sekadar wacana. Saya juga bangga dengan kerelawanan mahasiswa," kata Nadiem.
 

 
(DHI)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif