Presiden Afrika Andry Rajoelina meminum Covid-Organics yang diklaim mampu menyembuhkan pasien covid-19. (Foto: RIJASOLO/AFP/File)
Presiden Afrika Andry Rajoelina meminum Covid-Organics yang diklaim mampu menyembuhkan pasien covid-19. (Foto: RIJASOLO/AFP/File)

Madagaskar Klaim Obat Tradisional Efektif Atasi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Marcheilla Ariesta • 12 Mei 2020 14:09
Antananarivo: Presiden Madagaskar Andry Rajoelina menuding negara-negara Barat meremehkan pengobatan tradisional Afrika. Tudingan tersebut disampaikan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Covid-Organics belum teruji secara klinis.
 
Covid-Organics merupakan obat tradisional Afrika yang diklaim Rajoelina dapat menyembuhkan pasien virus korona (covid-19).
 
"Jika bukan Madagaskar, dan jika yang menemukan obat ini adalah negara Eropa, apakah akan ada banyak keraguan? Saya rasa tidak," kata Rajoelina, dilansir dari Al Arabiya, Selasa 12 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rajoelina menuturkan, minuman tersebut berasal dari artemisia, tanaman yang memiliki khasiat anti-malaria dan sudah terbukti ampuh mengobati penyakit malaria. Ia meminta komunitas global untuk tidak meremehkan kemampuan ilmuwan-ilmuwan Afrika.
 
"Saya pikir masalahnya adalah karena minuman ini berasal dari Afrika, sehingga mereka tidak bisa mengakuinya. Mereka abai bahwa negara seperti Madagaskar telah datang dengan formula ini untuk menyelamatkan dunia," imbuh sang presiden.
 
Rajoelina mengklaim ramuan tersebut dapat menyembuhkan pasien covid-19 dalam 10 hari. Beberapa negara Afrika, seperti Guinea Ekuatorial, Guinea-Bissau, Niger dan Tanzania, telah menerima kiriman ramuan tersebut. Ramuan ini telah diluncurkan bulan lalu.
 
"Tidak ada negara atau organisasi yang akan menghalangi kita untuk maju," imbuhnya.
 
Ia menegaskan bahwa bukti kemanjuran tonik tersebut dapat dilihat lewat tingkat kesembuhan pasien covid-19 di benua Afrika.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif