Ilustrasi kebakaran. (Medcom.id)
Ilustrasi kebakaran. (Medcom.id)

38 Orang Tewas dalam Kebakaran di Penjara Burundi

Internasional narapidana kebakaran burundi
Willy Haryono • 07 Desember 2021 21:21
Gitega: Setidaknya 38 orang tewas dalam kebakaran besar di sebuah penjara di Gitega, Burundi, Selasa, 7 Desember 2021. Kebakaran yang terjadi pada pukul 04.00 waktu setempat itu juga melukai 69 orang lainnya.
 
"Kebakaran juga menghancurkan sejumlah area di fasilitas penjara," kata Wakil Presiden Burundi Prosper Bazombanza, dikutip dari laman Al Jazeera.
 
Bazombanza, yang mengunjuni lokasi kejadian bersama sejumlah menteri senior, tidak mengatakan apa yang mungkin menjadi penyebab kebakaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seorang narapidana mengatakan banyak rekannya yang meninggal dalam kebakaran. Sejumlah korban selamat namun mengalami luka bakar telah dilarikan ke rumah sakit dengan menggunakan mobil dan truk polisi.
 
"Kami berteriak meminta tolong karena takut terbakar hidup-hidup. Tapi polisi menolak membuka pintu sel kami," ujar seorang narapidana kepada kantor berita AFP via telepon.
 
"Saya tidak tahu bagaimana bisa melarikan diri, tapi ada banyak narapidana yang terbakar sepenuhnya," sambung dia.
 
Penjara di Gitega menampung lebih dari 1.500 narapidana hingga akhir November lalu, menurut data lembaga pemasyarakatan Burundi. Angka tersebut jauh melampaui kapasitas maksimal yang hanya berkisar 400 orang.
 
Sebagian besar narapidana di penjara tersebut adalah pria, namun ada sejumlah perempuan di kompleks berbeda.
 
Penjara yang sama di Gitega pernah dilanda kebakaran pada Agustus lalu. Kementerian Dalam Negeri Burundi mengatakan bahwa penyebab kebakaran kala itu adalah hubungan pendek arus listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.
 
Baca:  41 Orang Tewas Dalam Kebakaran Lapas Tangerang : 2 WNA dan 1 Napi Teroris
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif