Pasukan Israel kerap melakukan kekerasan terhadap warga Palestina. Foto: AFP
Pasukan Israel kerap melakukan kekerasan terhadap warga Palestina. Foto: AFP

Pasukan Israel Tembak Tiga Warga Palestina saat Gerebek Tepi Barat

Internasional Palestina israel palestina Israel
Fajar Nugraha • 11 Mei 2022 20:35
Tepi Barat: Sebanyak tiga warga Palestina luka-luka akibat ditembak pasukan Israel, Senin, 9 Mei 2022. Sementara, 10 lainnya sesak napas pascamenghirup gas air mata dalam berbagai serangan militer Israel di Tepi Barat.
 
Di kota Nablus, sebelah utara Tepi Barat, pasukan Israel melukai dua warga Palestina dalam serangan di sisi timur kota. Pasukan Israel saat itu tengah membuka jalan bagi pemukim Israel yang menuju ke situs keagamaan "Makam Yousef".
 
“Tak lama setelah pukul 22.30 hari Senin, kendaraan militer Israel mulai bergerak ke Nablus dari bagian timur,” kata Ameen Abu Wardah, seorang penduduk area timur Nablus kepada The New Arab, Rabu 11 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sejumlah pemuda melemparkan batu ke tentara Israel, kemudian beberapa pria bersenjata menembaki tentara Israel," katanya.
 
"Tentara Israel menembakkan gas air mata dalam jumlah yang sangat besar dan setidaknya 21 orang harus dirawat karena sesak napas,” ucap Abu Wardah.
 
Tiga orang terluka akibat peluru tentara Israel. Satu di antaranya tertembak di dada dan berada dalam kondisi kritis.
 
"Wilayah timur Nablus, yang berisi situs keagamaan makam Yousef adalah daerah yang sangat padat penduduk, berisi tiga kamp pengungsi dan dua sekolah, semua terkena gas air mata dan api dalam setiap serangan Israel," jelas Abu Wardah. 
 
Ia menyebut serangan serupa terjadi satu sampai dua kali setiap bulannya.
 
Sementara itu, di desa Rummanah, pasukan Israel melanjutkan penggerebekan dan pencarian rumah dua hari berturut-turut, hingga menangkap empat rakyat Palestina. Desa itu merupakan kampung halaman dua warga Palestina yang membunuh tiga warga Israel dalam penikaman di Elad, dekat Tel Aviv Kamis lalu.
 
Bersamaan dengan itu, dilaporkan terjadinya konfrontasi antara warga sipil Palestina dan pasukan Israel di desa Azoun, timur Qalqiliya dekat Tepi Barat, dan di Beit Dajan dekat Nablus, di mana pasukan Israel meratakan properti pertanian Palestina.
 
Klub Tahanan Palestina menyatakan bahwa pasukan Israel menangkap 12 warga Palestina pada hari Minggu dari seluruh Tepi Barat, termasuk seorang anak di bawah umur.
 
Pasukan Israel telah mengintensifkan kendali atas kota-kota Palestina dan kota-kota di Tepi Barat sejak pekan lalu, menyusul penikaman di Elad yang menewaskan tiga orang Israel.
 
Penggerebekan terjadi dua hari setelah koran Inggris, The Times, mengabarkan bahwa Israel sedang bersiap untuk membunuh para pemimpin faksi Palestina, terutama yang berada di Hamas.
 
Di Gaza, faksi bersenjata Palestina melalui sebuah pernyataan bersama mengumumkan semua kelompok bersenjata berada dalam keadaan siaga maksimum menjelang latihan militer besar Israel, yang dimulai hari Senin. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif