Pasukan Irak berpatroli di provinsi Anbar. (AFP)
Pasukan Irak berpatroli di provinsi Anbar. (AFP)

Pasukan Irak Hancurkan 10 Markas ISIS di Saladin

Internasional konflik irak irak isis
Willy Haryono • 27 Januari 2021 16:08
Baghdad: Pasukan Irak berhasil berhasil menghancurkan 10 markas kelompok teroris Islamic State (ISIS) di provinsi Saladin. Pengumuman disampaikan Badan Informasi Keamanan Irak pada Rabu, 27 Januari 2021.
 
Selain meratakan 10 markas, pasukan Irak juga berhasil menghancurkan tiga kendaraan milik ISIS dan menjinakkan sebuah bom.
 
"Ada dua bom yang meledak selama berlangsungnya misi, tapi tidak ada korban jiwa maupun luka," lapor Badan Informasi Keamanan Irak, dilansir dari laman Mehr News Agency.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di provinsi Anbar, pasukan Irak juga telah berhasil menghancurkan sebuah markas komando ISIS. Markas tersebut hancur via serangan udara, yang juga menewaskan seluruh militan yang ada di dalamnya.
 
Setelah terbebasnya Mosul dari aktivitas ISIS pada Juli 2017, banyak militan grup tersebut yang bersembunyi di sejumlah provinsi Irak. Diyala, Kirkuk, Saladin, Al Anbar, dan Nineveh merupakan lima provinsi utama yang dijadikan tempat persembunyian militan ISIS.
 
Kelima provinsi itu dijadikan pilihan karena memiliki kondisi geografis yang cocok untuk bersembunyi dan melancarkan serangan. Dalam setahun terakhir, sisa-sisa militan ISIS telah melancarkan serangan di berbagai wilayah di Irak.
 
Sejak pertengahan bulan lalu, pasukan Irak bersama Unit Mobilisasi Populer atau Hashd al-Sha'abi telah menjalankan serangkaian operasi terhadap militan ISIS di Al Anbar, Nineveh, dan juga Saladin.
 
Pada Desember 2020, seorang komandan ISIS tewas dalam sebuah operasi anti-terorisme di Baiji County, Irak.
 
Komandan ISIS yang tewas diketahui bernama Iyad Mansour al-Nimrawi. Ia diketahui bertugas mentranfer data-data tertentu dan juga kendaraan ke jajaran militan ISIS di lapangan.
 
Baca:  Calon Pemimpin Baru ISIS Ditangkap Pasukan Irak
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif