Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Tahanan Palestina Hentikan Aksi Mogok Makan dan Klaim Kemenangan

Internasional tahanan napi Palestina Tahanan Palestina Mogok Makan
Medcom • 22 Oktober 2021 17:41
Palestina: Pimpinan tahanan Jihad Islam Palestina (PIJ), Tareq Ezaddin mengatakan, PIJ menangguhkan pemogokan makan dan mengklaim ‘kemenangan’. Klaim dilontarkan setelah mereka mencapai kesepakatan dengan Layanan Penjara Israel.
 
Dilansir dari The Jerusalem Post, Jumat, 22 Oktober 2021,  Ezaddin menjelaskan, rincian kesepakatan antara para tahanan dan Layanan Penjara Israel akan diumumkan dalam beberapa jam mendatang.
 
“Para tahanan memutuskan untuk menunda mogok makan setelah mereka mencetak kemenangan melawan administrasi otoritas penjara pendudukan,” kata Ezaddin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pimpinan PIJ menyatakan, aksi mogok makan yang dimulai sejak sembilan hari lalu telah berakhir. Pejabat Senior PIJ di Tepi Barat utara, Sheikh Khader Adnan pun ‘mengucapkan selamat’ kepada keluarga para tahanan PIJ karena telah mengakhiri mogok makan. 
 
Adnan tidak memberikan rincian terkait  dugaan perjanjian dengan otoritas Israel. Sebelumnya, sekitar 250 narapidana PIJ diketahui melakukan mogok makan sebagai protes atas pembatasan yang diberlakukan terhadap mereka, menyusul pelarian enam narapidana dari Penjara Gilboa, Israel bulan lalu.
 
Sebanyak lima dari enam narapidana tersebut merupakan anggota PIJ. Sedangkan, satu lainnya adalah anggota faksi Fatah, Zakariya Zbeidi. Faksi ini dipimpin oleh Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas.
 
Para tahanan disebut menuntut Layanan Penjara Israel membatalkan keputusan untuk memindahkan mereka ke penjara lain dan menempatkan beberapa dari mereka di sel isolasi setelah istirahat dari penjara. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif