Polisi Israel lakukan pengawasan di tengah penyebaran virus korona. Foto: AFP
Polisi Israel lakukan pengawasan di tengah penyebaran virus korona. Foto: AFP

Korona Merebak, Liga Arab Desak Israel Bebaskan Tahanan Palestina

Internasional palestina Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 07 April 2020 16:07
Kairo: Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengutarakan tentang bahaya tahana Palestina di penjara Israel yang bisa terinfeksi virus korona, covid-19. Gheit mendesak agar para tahanan dibebaskan.
 
Gheit mengirim surat kepada Direktur Jenderal Komite Palang Merah Internasional Robert Mardini tentang bahaya yang dihadapi oleh tahanan Palestina ini. Seperti diketahui, penyebaran virus korona di Israel melaju sangat cepat.
 
“Kondisi hampir 5.000 tahanan Palestina di penjara-penjara Israel dalam kondisi serius,” ungkap Gheit, seperti dikutip Aaswat, Selasa, 7 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sejumlah besar tahanan, termasuk orang tua, orang sakit dan mereka yang memiliki kekebalan rendah, adalah yang paling rentan terhadap covid-19,” ungkapnya.
 
Lebih lanjut Gheit juga menyoroti kurangnya dokter spesialis dan peralatan medis yang diperlukan untuk membantu pasien. Belum lagi adanya kekurangan ventilator dan desinfektan.
 
“Sangat disesalkan Israel telah mengambil keputusan untuk membebaskan beberapa tahanan kriminal Israel, sementara tidak termasuk warga Palestina,” tuturnya.
 
“Ini melanggar hukum humaniter dan internasional yang diatur dalam Konvensi Jenewa Keempat,” tegas Gheit.
 
Dia mengimbau kepala ICRC untuk melakukan "semua dalam kapasitasnya" untuk menekan pemerintah Israel untuk meninjau kembali kebijakannya terhadap para tahanan Palestina. Dirinya mendesak agar Israel mengambil keputusan segera untuk membebaskan mereka yang paling berisiko terinfeksi untuk menghindari "bencana kemanusiaan yang akan datang."
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif