Kobaran api di lokasi ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa 4 Agustus 2020. (Foto: STR/AFP/Getty)
Kobaran api di lokasi ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa 4 Agustus 2020. (Foto: STR/AFP/Getty)

Kontingen TNI Terhindar dari Ledakan di Lebanon

Internasional Ledakan Lebanon
Willy Haryono • 05 Agustus 2020 10:25
Beirut: Kapal KRI Sulthan Hasanuddin dari Kontingen Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang tergabung dalam Pasukan Interim Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Lebanon (UNIFIL) terhindar dari ledakan dahsyat di Pelabuhan Beirut pada Selasa 4 Agustus. Ledakan yang diduga berasal dari gudang bahan kimia itu telah menewaskan sedikitnya 78 orang dan melukai 4.000 lainnya, termasuk seorang warga negara Indonesia.
 
"KRI Sulthan Hasanuddin 366 (Kontingen Garuda Satgas MTF dalam UNIFIL) terkonfirmasi aman karena sedang berlayar di Mersin, Turki," ucap keterangan Duta Besar Indonesia untuk Lebanon, Hajriyanto Y Thohari, kepada Medcom.id, Rabu 5 Agustus 2020.
 
Menurut keterangan Dubes Hajriyanto, WNI yang terluka dalam ledakan di Beirut bernama Ni Nengah Erawati. Ia adalah pekerja spa di Kimantra, Jal El Dib, yang pada saat kejadian sedang berada di Beirut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat pula satu WNI lainnya yang selamat dalam ledakan, namun tempat tinggalnya di Beirut rusak berat.
 
"Kondisi korban luka stabil, bisa berbicara dan berjalan. Luka beliau sudah dijahit oleh dokter," ujar Dubes Hajriyanto.
 
"Saat ini beliau sudah pulang dan berada di apartemen bersama 4 WNI lainnya di Jal El Dib," sambungnya.
 
Sebelumnya disebutkan bahwa lokasi ledakan hanya berjarak sekitar tujuh kilometer dari KBRI Beirut. Meski cukup dekat, gedung KBRI Beirut relatif aman dan semua jajaran staf juga baik-baik saja. "Tidak (ada kerusakan). Alhamdulillah," sebut Dubes Hajrianto.
 
Dalam catatan KBRI Beirut, terdapat 1.447 WNI, 1.234 di antaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa.
 
KBRI Beirut dapat dihubungi melalui hotline : +961 3199 493.
 
(WIL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif