Asap dari kebakaran hutan di Lebanon. (AFP)
Asap dari kebakaran hutan di Lebanon. (AFP)

Tiga Orang Tewas dalam Kebakaran Hutan di Suriah dan Lebanon

Internasional kebakaran hutan suriah Kebakaran Hutan Lebanon
Willy Haryono • 11 Oktober 2020 17:04
Damaskus: Kebakaran hutan di Suriah dan juga Lebanon telah menewaskan tiga orang dan menghanguskan banyak lahan sejak Kamis kemarin. Saluran televisi nasional Suriah menyiarkan tayangan dari lokasi terdampak kebakaran hutan pada Sabtu pagi, memperlihatkan jajaran petugas yang sedang berjuang memadamkan kobaran api.
 
Ratusan hektare lahan di provinsi Latakia, Tartus, dan juga Homs hangus dilalap api. Kementerian Kesehatan Suriah mengonfirmasi tiga korban tewas dalam kebakaran hutan ini berasal dari Latakia.
 
Sebanyak 70 orang di Latakia telah dilarikan ke rumah sakit karena kesulitan bernapas akibat terlalu banyak menghirup asap kebakaran hutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terdapat puluhan titik api yang saat ini masih berkobar di Suriah. "Ada 45 di Latakia, dan 33 di Tartus," kata Menteri Pertanian Suriah Mohammed Hassan Qatana, dilansir dari laman Gulf Today pada Minggu, 11 Oktober 2020.
 
Brigade Kebakaran Latakia mengaku sedang "menghadapi rangkaian kebakaran terbesar" yang pernah terjadi di provinsi tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Untuk provinsi Tartus, kebakaran hutan berkobar di Banias.
 
Sementara di Lebanon, terdapat lebih dari 100 titik api yang berkobar di seantero negeri sejak Kamis kemarin. "Situasi di lapangan benar-benar gila. Api ada dimana-mana," kata George Abu Musa, kepala operasi badan pertahanan sipil Lebanon.
 
"Kami telah memobilisasi 80 persen personel dan memberdayakan hampir semua cabang kami di Lebanon," sambungnya.
 
Abu Musa mengaku belum dapat mengidentifikasi penyebab kebakaran. Namun angin kencang dan tingginya temperatur udara semakin memperburuk keadaan.
 
Puluhan titik api melanda Lebanon pada pertengahan Oktober tahun lalu di tengah suhu tinggi dan angin kencang yang tak biasa.
 
Baca:WNI Jadi Relawan Pemadam Kebakaran Hutan California
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif