Duta Besar Indonesia untuk Kenya Mohamad Heri Saripudin dalam Forum Bisnis Insan Cita dengan tema Peluang Ekspor ke Afrika, 3 Desember 2021. (KBRI Nairobi)
Duta Besar Indonesia untuk Kenya Mohamad Heri Saripudin dalam Forum Bisnis Insan Cita dengan tema Peluang Ekspor ke Afrika, 3 Desember 2021. (KBRI Nairobi)

KBRI Nairobi Dorong UMKM Indonesia Jajaki Peluang Ekspor ke Afrika

Internasional UMKM kenya indonesia-kenya UMKM Indonesia KBRI Nairobi
Willy Haryono • 05 Desember 2021 19:43
Nairobi: "Peluang perdagangan ke Afrika sangat terbuka lebar. Bahkan, dalam kurun waktu tahun 2006-2018, peningkatan perdagangan Indonesia dengan negara-negara di Afrika mencapai 224 persen”, jelas Duta Besar Indonesia untuk Kenya, Dr. Mohamad Hery Saripudin. Pernyataan disampaikan dalam Forum Bisnis Insan Cita dengan tema "Peluang Ekspor ke Afrika"  yang digelar pada 3 Desember lalu.
 
Kegiatan forum bisnis virtual ini dihadiri 94 peserta yang mayoritas berasal dari pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Turut hadir juga CEO dari Kareem Internasional, Isnandar yang menyampaikan sejumlah "tips and tricks" melakukan ekspor ke wilayah Afrika.
 
Pada 6 Oktober 2021, KBRI Nairobi telah mendirikan Soko la Indonesia di lingkungan kantor yang berisikan 2.500 sampel produk Indonesia yang dipamerkan kepada para importir potensial di Kenya. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tunggu sampel produk dari rekan-rekan pelaku bisnis UMKM yang hadir dalam kegiatan ini untuk kami bantu promosikan melalui Soko la Indonesia," ucap Dubes Hery, menawarkan kepada para peserta yang ingin menjajagi pasar Afrika untuk mengirimkan sampel produknya.
 
Nasrullah Saidi, seorang pendakwah yang pernah mengunjungi Kenya menyambahkan, "peluang bumbu-bumbu masakan atau industri kuliner di Afrika sangat besar. Selama 4 bulan di Kenya, saya juga memperkenalkan masakan Padang kepada masyarakat Kenya dan mereka menyukainya. Bumbu di Kenya masih sangat terbatas, sehingga kemungkinan masih sangat terbuka."
 
Dari respons para pengusaha Kenya yang mendatangi Soko la Indonesia untuk melihat dan mencoba sampel-sampel produk asal Indonesia, diperoleh wawasan bahwa selain bumbu, produk yang memiliki potensi untuk diekspor ke Kenya di antaranya makanan ringan, kerajinan tangan, furnitur, dan kopi.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif