Warga Gaza memprotes blokade jalur laut yang dilakukan Israel. Foto: AFP
Warga Gaza memprotes blokade jalur laut yang dilakukan Israel. Foto: AFP

Faksi Palestina Bersiap Tempur untuk Terobos Blokade Laut Gaza

Marcheilla Ariesta • 19 Mei 2022 14:39
Ramallah: Sejumlah faksi Palestina di Jalur Gaza siap-siap bertempur untuk menerobos blokade laut di area tersebut. Sumber mengatakan kepada media Palestina Rabu, 18 Mei 2022 bahwa rangkaian aktivitas sudah direncanakan untuk beberapa minggu ke depan.
 
Aksi yang direncanakan faksi Palestina serupa dengan March of Return, rangkaian unjuk rasa disertai kekerasan sepanjang perbatasan Gaza hampir setiap minggu antara Maret 2018 hingga Desember 2019.
 
“Hamas bekerja sama dengan pihak-pihak lain untuk mengoperasikan jalan maritim ke Jalur Gaza untuk melewati blokade Israel di daerah kantong pantai itu,” ujar pimpinan Hamas di Jalur Gaza, Yahya Sinwar, seperti dikutip dari JPost, Kamis 19 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Konsultasi dan persiapan untuk hal ini berjalan dengan lancar dalam rangka mendobrak pengepungan. Tidak dijelaskan lebih lanjut bagaimana garis yang direncanakan itu akan bisa menerobos blokade,” imbuhnya.
 
Jalur Gaza berada dalam blokade darat, laut, dan udara oleh Israel dan Mesir.
 
Sebagai bagian dari blokade, kapal laut Gaza hanya diizinkan pada jarak tertentu di lepas pantai Gaza, di mana jarak ini berubah-ubah tergantung situasi keamanan.
 
Tidak ada kapal yang diperbolehkan memasuki perairan Gaza dari luar blokade. Beberapa armada yang mencoba melakukannya dicegat oleh pasukan Israel.
 
Nelayan Palestina cedera ringan pada Rabu akibat ditembak Angkatan Laut Mesir di lepas pantai di selatan Jalur Gaza.
 
Pekan lalu, Tentara Pertahanan Israel (IDF) mengumumkan pihaknya menggagalkan penyelundupan melalui laut yang membawa suku cadang senjata ke Gaza untuk Hamas. Shin Bet, Direktorat Intelijen dan Angkatan Laut menangkap tiga tersangka pada 8 April setelah mereka berusaha menyeberang ke wilayah perairan Mesir dari perairan Gaza. Salah satu tersangka sebelumnya pernah melakukan operasi penyelundupan untuk Hamas. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif