Uni Emirat Arab ubah hari libur akhir pekan menjadi Sabtu-Minggu. Foto: AFP
Uni Emirat Arab ubah hari libur akhir pekan menjadi Sabtu-Minggu. Foto: AFP

UEA Alihkan Akhir Pekan ke Hari Sabtu dan Minggu

Internasional uni emirat arab
Medcom • 08 Desember 2021 12:05
Dubai: Uni Emirat Arab (UEA) disebut akan beralih ke minggu kerja 4,5 hari dengan akhir pekan diubah ke Sabtu dan Minggu. Saat ini, Negara Teluk penghasil minyak dan pusat komersial perdagangan serta pariwisata regional tersebut memiliki akhir pekan Jumat dan Sabtu.
 
Perubahan ini akan diresmikan awal tahun depan. Langkah ini dipercaya dapat lebih menyelaraskan ekonominya dengan pasar global. Namun, surat edaran pemerintah UEA mulai 1 Januari, akhir pekan akan dimulai pada Jumat sore, termasuk untuk sekolah.
 
Dilansir dari The Straits Times, Rabu, 8 Desember 2021, UEA telah mengambil sejumlah langkah untuk membuat ekonominya lebih menarik bagi investasi selama setahun terakhir. Selain itu, bakat asing pada saat persaingan ekonomi yang meningkat dengan negara tetangga Arab Saudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Minggu kerja untuk entitas pemerintah disebut akan dimulai pada Senin dan berakhir pada Jumat pukul 12.00 siang sebelum ibadah salat. Menurut pemerintah, akan disatukan pada Jumat di seluruh UEA. Mereka menambahkan, kebijakan ini akan meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja bagi karyawan.
 
Pemerintah mengatakan, langkah tersebut akan “memastikan transaksi keuangan, perdagangan dan ekonomi yang lancar dengan negara-negara yang mengikuti akhir pekan Sabtu hingga Minggu, memfasilitasi hubungan bisnis internasional yang lebih kuat, dan peluang bagi ribuan perusahaan multinasional dan berbasis di UEA”.
 
Chief Strategy Officer di Al Dhabi Capital, Mohammed Ali Yasin mengatakan, sektor keuangan akan mendapat manfaat dengan melakukan penyelesaian pembayaran secara simultan melalui pasar maju. Industri pariwisata juga akan diuntungkan.
 
“Ini bisa menjadi eksperimen yang bagus untuk negara-negara lain di kawasan,” kata Yasin.
 
Jumat adalah hari libur mingguan di banyak negara mayoritas Muslim. Surat edaran pemerintah itu mencatat, beberapa negara seperti Indonesia dan Maroko memiliki akhir pekan pada Sabtu hingga Minggu.
 
Ekonom di Abu Dhabi Commercial Bank, Monica Malik mengatakan, ia mengharapkan banyak perusahaan sektor swasta di UEA untuk mengikuti akhir pekan Sabtu hingga Minggu, menggambarkan langkah itu sebagai “perkembangan yang sangat berarti”, di samping reformasi baru-baru ini.
 
UEA diketahui telah meliberalisasi Undang-Undang (UU) mengenai hidup bersama sebelum menikah, alkohol, dan UU status pribadi selain pengenalan visa jangka panjang untuk memikat bisnis serta bakat. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif