Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)
Menlu AS Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Pompeo akan Temui Negosiator Taliban Jelang Penarikan Pasukan AS

Internasional amerika serikat taliban afghanistan
Willy Haryono • 21 November 2020 14:08
Doha: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo akan bertemu tim negosiator kelompok Taliban dan juga dari pemerintahan Afghanistan di Doha, Qatar pada Sabtu, 21 November 2020. Kunjungan Pompeo ke Qatar dilakukan saat pemerintahan presiden Donald Trump ingin mempercepat penarikan pasukan AS dari Afghanistan.
 
Percepatan dilakukan karena masa jabatan Trump segera berakhir, dan akan digantikan presiden terpilih Joe Biden dalam pelantikan pada 20 Januari 2021.
 
Selasa kemarin, militer AS mengumumkan bahwa AS akan mengurangi jumlah pasukan AS di Afghanistan menjadi hanya 2.500 pada 15 Januari. Taliban menyambut baik kabar tersebut, meski Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) khawatir penarikan dapat menghambat proses perdamaian di Afghanistan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biden juga menyuarakan pengurangan jumlah pasukan AS di Afghanistan, meski sejumlah analis meyakini ia tidak akan melakukannya secara terburu-buru.
 
Dialog damai antara Taliban dan Afghanistan telah berlangsung pada September lalu di Qatar. Namun hingga saat ini, kedua kubu belum juga mencapai titik temu dalam sejumlah isu kunci.
 
Dikutip dari laman DW, kunjungan Pompeo ke Qatar merupakan bagian dari tur 7 negara Eropa dan Timur Tengah. Di Qatar, ia dijadwalkan bertemu Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, dan juga menteri luar negeri di Doha.
 
Menurut keterangan juru bicara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan Tariq Arian, dalam enam bulan terakhir, Taliban telah melancarkan 53 serangan bunuh diri dan 1.250 ledakan yang menewaskan 1.210 warga sipil dan melukai 2.500 lainnya.
 
Serangan terbaru berupa sejumlah ledakan terjadi di Kabul. Koresponden media AFP mengaku mendengar beberapa ledakan keras yang terdengar seperti suara roket.
 
Baca:Rangkaian Ledakan Terdengar di Kabul, Ulah Taliban?
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif